3 Masalah yang Sering Datang saat Hendak Joging

oleh -81 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/summer'>Summer photo created by aleksandarlittlewolf - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Joging adalah olahraga pagi yang sering di lakukan banyak orang. Olahraga ini memang sangat cocok dilakukan di pagi hari karena udaranya yang masih sejuk dan tidak terlalu teriknya matahari yang akan menyengat kita nantinya.

Walaupun joging lebih menyenangkan dilakukan pada pagi hari tapi ternyata ada beberapa masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang saat joging pada pagi hari. Berikut 5 masalah yang sering datang saat kita sedang joging.

Bangun Terlambat

Bangun terlambat adalah masalah yang paling sering di alami banyak orang ketika hendak joging pada pagi hari. Hal ini dapat terjadi di karenakan karena terkadang kita sudah terlalu lelah dengan aktivitas yang kita jalani sebelumnya atau bahkan karena kita tidur terlalu larut pada malam harinya.

Merasa Ingin Buang Air

Apakah sobat Zetizen pernah merasakan ingin buang air ketika hendak lari atau sedang pemanasan? Kalau sobat zetizen sering mengalami ini maka tenang saja karena itu adalah hal yang wajar.

Menurut penelitian rasa mulas tersebut terjadi karena saat berlari organ dalam tubuh seolah berdesakan sehingga memicu rasa ingin “ke belakang.” “Itu sebabnya mengapa mulas seperti ingin buang air lebih sering di alami saat berlatih lari di bandingkan bersepeda atau memakai mesin di gym,” kata Michael J.Ryan PhD, pakar kedokteran olahraga dari Fairmont State University.

 Pengalihan aliran darah dari daerah pencernaan ke otot-otot juga bisa berperan. Faktor lain yang memicu rasa mulas adalah rasa cemas sebelum kompetisi lari, waktu makan terakhir yang dekat dengan waktu latihan, stres, intensitas latihan terlalu tinggi, durasi, dan level hidrasi tubuh. Untuk menghindarinya, atur waktu makan agar tidak terlalu dekat dengan waktu olahraga. “Hindari makan besar, makanan tinggi serat, pemanis buatan, atau makanan tinggi lemak, serta kafein, yang bisa merangsang saluran cerna,” kata Ryan.

Baca Juga : Bahaya Menahan Kencing

Jika kita mengikuti lomba lari, lakukan pemanasan lari singkat untuk merangsang timbulnya rasa mulas sehingga kita bisa ke toilet dulu sebelum bertanding. “Jika ke toilet dulu tak membantu dan kita mengalami diare berkepanjangan atau ada darah di tinja, periksakan ke dokter. Bisa jadi itu merupakan tanda gangguan pencernaan yang lebih serius,” katanya.

Rasa Lapar yang Extreme

Saat tidur kita sama saja seperti sedang berpuasa beberapa saat karena pada malam harinya kita mendapatkan asupan makan. Itulah yang menyebabkan kita sering merasa lapar saat sedang atau bahkan setelah lari. Hal itu di karenakan kita membutuhkan banyak energi setelah sebelumnya kita membakar kalori yang cukup banyak dan menggunkan energi yang cukup besar.

Nah, melihat masalah di atas berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan sebelum joging

  • Lakukan pemanasan dengan serius
  • Buang air sebelum joging
  • Tidur lebih awal
  • Makan sesuatu yang ringan sebelum lari

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi saat kita hendak joging sobat zetizen, jadi  perhatikan masalah-masalah yang sering terjadi di atas agar kita dapat berolahraga dengan tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.