5 Cara Membangkitkan Semangat Untuk Belajar

oleh -69 views
Photo by <a href="https://unsplash.com/@aaronburden?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Aaron Burden</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/study?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belajar merupakan proses mencari dan mengetahui suatu ilmu agar wawasan lebih luas sehingga dapat memecahkan berbagai macam masalah. Rajin belajar adalah hal yang sangat-sangat positif dan besar manfaatnya bagi kehidupan kita ke depannya. Akan tetapi perlu di pahami bahwasannya setiap kegiatan yang kita lakukan pasti ada masa malasnya.

Ketika kita merasa malas hal yang harus kita ketahui bahwasannya rasa malas adalah hal wajar yang di alami banyak orang. Ketika kita merasa malas itu bukanlah masalah besar selama rasa malas itu tidak berkepanjangan. Lalu bagaimana cara kita bisa bangkit dari rasa malas agar kita bisa kembali rajin belajar? berikut 5 Cara membangkitkan semangat belajar yang bisa kamu coba.

Baca juga : 5 Kebiasaan Anti Cemas

Tujuan Utama Belajar

Setiap kegiatan yang kita kerjakan pastilah harus memiliki tujuan yang jelas. Hal itu juga berlaku untuk belajar, tentukanlah tujuan utamamu ketika hendak menimba ilmu, Apakah untuk ujian di sekolah, mengikuti tes, menambah wawasan, atau demi masa depan yang lebih cerah. Kalau hal pertama dan yang paling dasar ini tidak ada, maka semangat kamu dalam menuntut tidak akan pernah muncul.

Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Tujuan belajar sudah dikantongi. Kamu sekarang harus memiliki target apa saja yang akan dicapai dalam proses belajar. Jika targetnya banyak, urutkan sesuai prioritas terlebih dahulu. Maksud prioritas di sini, kamu wajib mengetahui target yang sangat penting untuk dicapai pertama. Contohnya, untuk ujian tes masuk perguruan tinggi, tentu saja kamu harus menggali ilmu mengenai segala hal yang berkaitan dengan materi-materi tes. Buatlah jadwal deadline pada study kita agar kita dapat disiplin dan teratur dalam mengerjakan pekerjaan kita di kemudian hari.

Belajar di Tempat yang Nyaman

Banyak sekali definisi nyaman, kamu pun pasti memilikinya. Tempat yang nyaman satu dari sekian kunci untuk membangkitkan semangat. Ada beberapa orang yang nyaman belajar di kamar, ruang terbuka, perpustakaan, ruang sepi, kedai kopi, dan lainnya. Tempat-tempat seperti itu tentu membuat fokus, tenang, dan menyerap dengan mudah pelajaran yang ingin dikuasai.

Berteman dengan yang Rajin

Berteman dengan yang rajin adalah salah satu bentuk usaha kita untuk meningkatkan motivasi kita dalam belajar. Ketika kita belajar sendirian maka kita merasa tertantang dalam belajar. Untuk menjadi hebat kita membutuhkan teman yang rajin bersama kita, ketika kita mendapatkan kesulitan dalam belajar, dengan adanya teman kita mungkin akan mendapatkan jalan keluar dari masalah kita dalam bealajar.

Baca juga : Kekuatan dari Sebuah Cerita

Matikan atau Jauhkan Ponsel dan Seluruh Gawai

Gangguan belajar memang bisa datang dari mana saja. Di zaman kiwari ini, ponsel pintar adalah salah satu benda yang benar-benar dapat menurunkan semangat dan konsentrasi dalam menuntut ilmu. Notifikasi ponsel mudah mengalihkan fokus kita ketika sedang berlatih.

Tangan kita pasti gatal ingin sesegera melihat notifikasi pada hp kita, kemudian membuka ponsel. Mungkin itu hanya pesan masuk WhatsApp, pesan singkat, atau Line, tapi kemungkinan besar kita juga akan membuka media sosial lainnya dan mulai melihat-lihat timeline.

Kegiatan menelusuri linimasa selain membuang waktu dan menghilangkan fokus, dapat mengubah mood kita dalam waktu yang singkat. Misalnya melihat mantan berfoto dengan gebetan barunya, jika kamu masih punya perasaan terhadapnya, rasa kesal langsung meradang dan mengakibatkan keingininan kepo kepada mereka memuncak. Akhirnya, semangat hilang, menuntut ilmu pun berantakan.

Untuk mencapai suatu keberhasilan memang di butuhkan kerja keras seperti kata pepatah “high risk, high return” besarnya resiko yang kita kerjakan maka kita juga akan memetik hasil yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.