5 Fakta Bunga Matahari yang Perlu Kamu Ketahui!

oleh -179 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika diminta menyebutkan salah satu bunga tercantik, rasanya bunga matahari layak untuk diperhitungkan. Warna kuning yang khas dengan ukuran kelopak besar menjadikan bunga ini begitu sedap dipandang. Bunga matahari termasuk bunga yang mudah dibudidayakan, terutama di daerah dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi, seperti Indonesia. Dilansir dari idntimes.com bunga ini menyimpan beberapa fakta unik yang layak untuk kamu ketahui. Apa saja, sih? Yuk simak lima faktanya di bawah ini! (az)

1. Asli dari Amerika

Bunga matahari adalah salah satu bunga yang bisa dijumpai di berbagai negara, termasuk Indonesia. Di negara kita, bunga ini tumbuh subur dan cantik. Beberapa daerah, seperti Yogyakarta, Kediri, Probolinggo, dan Batu memiliki kebun bunga matahari yang luas.

Dilansir Britannica, bunga matahari berasal dari Amerika Utara dan Selatan. Bunga ini sengaja ditanam untuk dijadikan hiasan karena penampilannya yang cantik dan bijinya bisa dikonsumsi. Jerussalem artichoke, salah satu jenis bunga matahari, bahkan ditanam untuk diambil umbinya, lho.

2. Bunga matahari tertinggi mencapai 9 meter

Melansir USDA, bunga matahari umumnya memiliki ukuran tinggi 1-3 meter. Batangnya berambut dan kasar dengan diameter sekitar 2,5 sentimeter.

Namun, ternyata ada bunga matahari yang mencapai ketinggian istimewa. Dilansir The Spruce, pada tahun 2014, bunga matahari milik Hans-Peter Schiffer di Jerman berhasil memecahkan rekor karena mencapai ketinggian lebih dari 9 meter.

3. Ada lebih dari enam puluh varietas bunga matahari

Bunga matahari sangat terkenal dengan warna kuningnya yang memberi kesan ceria. Namun, sebenarnya warna kelopak bunga matahari tidak hanya kuning. Warna ini sangat bergantung pada varietas tertentu.

Dilansir The Spruce, ada lebih dari enam puluh varietas bunga matahari di seluruh dunia dengan warna kelopak yang bermacam-macam. Sebagai contoh, jenis Moulin Rouge memiliki kelopak berwarna merah dan Ring of Fire memiliki pola kombinasi dua warna yang berbentuk seperti cincin api.

4. Biji bunga matahari kaya akan manfaat

Salah satu bagian dari bunga matahari yang paling banyak dimanfaatkan adalah bijnya. Ukleja-Sokołowska dkk dalam studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Immunopathology and Pharmacology tahun 2016 mengemukakan, bahwa pada setiap satu kepala bunga matahari terdapat sekitar seribu hingga dua ribu biji.

Dilansir Healthline, biji bunga matahari mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serta menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, mengonsumsi biji bunga matahari sesuai takaran yang disarankan bisa membantu tubuh lebih sehat.

5. Dinobatkan sebagai bunga nasional Ukraina

Tidak bisa dipungkiri bahwa bunga matahari merupakan salah satu bunga dengan penampilan yang cantik. Warna yang segar, mudah untuk dibudidayakan, dan memiliki banyak manfaat merupakan beberapa keunggulan bunga ini.

Kecantikan dan atmosfer keceriaan yang dipancarkan bunga matahari rupanya telah memikat banyak hati. Melansir The Spruce, bunga matahari bahkan dinobatkan sebagai bunga nasional Ukraina. Tidak hanya itu, bunga ini juga menjadi state flower dari negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Itu adalah beberapa fakta bunga matahari yang perlu kamu ketahui! Tertarik untuk menanam bunga ini di rumah?

Baca juga: Fakta Unik Bunga Matahari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.