5 Kebiasaan Anti Cemas

oleh -30 views
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash
Photo by <a href="https://unsplash.com/@nate_dumlao?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Nathan Dumlao</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/overthinking?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Cemas adalah respon yang normal pada manusia. Akan tetapi rasa overthinking dapat menimbulkan hal yang cukup serius di kemudian hari. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengatasi rasa cemas pada diri kita agar kita bisa hidup dengan seutuhnya.

Banyak hal yang dapat membuat kita merasakan overthinking dalam hidup salah satunnya adalah karena kita terlalu ambisius terhadap masa depan kita. Biasanya kita akan menempatkan standar yang tinggi untuk masa depan kita sehingga membuat kita takut dengan masa depan kita nantinya. Nah, maka dari itu penting bagi kita untuk mengatasi rasa cemas pada diri kita. Berikut 5 kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa overthinking yang ada pada diri kita.

Mengakui dan Memahami Rasa Cemas Pada Diri Sendiri

Untuk mengatasi kecemasan yang pertama kita lakukan adalah kita harus mengakui bahwa kita sedang overthinking. Namun, perlu dipahami bahwasanya overthinking adalah hal yang wajar dan ini adalah bukanlah masalah yang terlalu besar. Dengan mengakui dan memahami kecemasan akan membuat kita berkembang menjadi lebih baik.

Pelajari apa yang Terjadi dalam Diri

Mempelajari rasa cemas membuat kita dapat mempelajari hal apa saja yang dapat kita lakukan unutk menghilangkan rasa cemas.

Siapkan Cara Menghadapi Kecemasan

Cara mengatasi cemas tiap orang berbeda. Maka dari itu kita dapat mulai meluangkan waktu untuk menghadapi kecemasan kita. Ada berbagai cara unutk mengatasi rasa cemas misalnya kita cari tahu apa yang dapat membuat kita lebih rileks ketika kita sedang stres. Hal ini dapat berlaku juga untuk mengatasi kecemasan ada orang yang dapat mengurangi rasa cemasnya dengan mendengarkan lagu dll. Maka dari itu cobalah buat list yang dapat membuat hidup kita lebih tenang.

Membuat Tujuan-Tujuan Kecil yang Mudah Dicapai

Seperti yang pernah disebutkan diatas bahwasannya rasa cemas muncul karena kita menetapkan standar yang tinggi pada masa depan kita. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memecah standar kita menjadi bagian-bagian kecil.

Dengan membuat goal-goal kecil kita akan lebih merasa lega karena dengan begitu kita tahu bahwa kita semakin dekat dengan tujuan kita. Hal ini berguna banget untuk mengurangi rasa overthinking untuk diri kita kedepannya.

Latih Mengolah Rasa Cemas

Cemas itu berawal dari kita yang kurang PD dengan kemampuan yang kita punya.  Jalan keluarnya perbaiki rasa keberanian kita meskipun dalam hal kecil, urusan hasil itu belakang. Intinya kita jangan memikirkan hasil dulu. Namun, nikmati proses saat ini yang sedang berjalan.

One thought on “5 Kebiasaan Anti Cemas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.