5 Tahap dalam Berduka dan Cara Mengatasinya

oleh -72 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada titik tertentu dalam hidup Anda, Anda harus menghadapi kehilangan. Kehilangan Anda bisa bersifat pribadi, seperti kematian pasangan atau berakhirnya suatu hubungan. Yang namanya kematian dan ajal tidak ada yang tahu kapan akan datangnya. Kita harus bersiap akan kehilangan dan dihilangkan, pasti ada saat untuk kita merasa berduka.(herdi)

Baca Juga: Mengapa Saat Lapar Menjadi Emosional?

5 Tahap Berduka

Banyak orang telah salah menafsirkan ini, berpikir bahwa setiap orang mengalami kelima tahap ini secara berurutan. Tapi tidak ada yang mengatakan Anda akan mengalami semuanya, atau pergi dari satu tahap ke tahap berikutnya. Beberapa orang mulai dengan “depresi” dan kemudian melompat ke “kemarahan” dan mungkin tidak pernah sampai ke “penerimaan”.

  1. Denial – Menolak untuk mempercayai apa yang telah terjadi, merasa terkejut. “Ini tidak boleh terjadi.”
  2. Kemarahan – Menuduh orang lain, seperti makhluk tertinggi atau teman, atas apa yang telah terjadi. “Beraninya kau membiarkan ini terjadi!”
  3. Tawar-menawar – Meminta alam semesta atau makhluk tertinggi untuk “membuat kesepakatan” dengan Anda. “Biarkan aku hidup untuk melihat putriku menikah.”
  4. Depresi – Mengalami kelesuan atau kelelahan yang dikombinasikan dengan perasaan tidak berdaya, rasa bersalah dan kurangnya minat dalam hidup. “Aku mungkin juga menyerah.
  5. Penerimaan – Menghadapi kehilangan dan move on, kembali menetapkan tujuan dalam hidup Anda dan memfokuskan energi Anda lebih positif. “Aku siap menghadapi ini sekarang.”

 

Memahami 5 Tahap

Meskipun kelima tahap ini dapat menjadi model yang berguna untuk diingat saat Anda menghadapi kesedihan dan kesedihan, proses berduka setiap orang akan berbeda. Terkadang seseorang akan mengikuti tahapan-tahapan ini secara berurutan, terkadang tidak berurutan dan terkadang hanya beberapa tahapan. Lihatlah model ini, yang mengikuti contoh reaksi kematian hewan peliharaan:

  1. Denial – Anda mengelus hewan Anda berulang-ulang, menyuruhnya bangun meskipun Anda tahu dia sudah pergi.
  2. Kemarahan – Anda menyalahkan diri sendiri, berkata, “Kalau saja saya membawanya ke dokter hewan, ini tidak akan terjadi!”
  3. Tawar-menawar – Anda dapat mencoba berbicara manis dengan makhluk tertinggi, dengan mengatakan, “Jika Anda membiarkan dia bangun, saya akan menjadi sukarelawan di Humane Society.”
  4. Depresi – “Saya tidak akan pernah menemukan hewan peliharaan lain yang saya cintai sebanyak dia.”
  5. Penerimaan – “Saya memberi hewan peliharaan saya umur panjang yang baik, tapi dia sudah tua dan sudah waktunya untuk pindah.”

Menghadapi Berduka Dengan Cara Anda

Meskipun kematian hewan peliharaan tidak dalam skala tragedi yang sama seperti 9/11, model ini memberi tahu kita sesuatu yang penting tentang sifat manusia. Setiap perubahan keadaan, tragis atau tidak, dapat menyebabkan kita mengalami lima tahap Berduka.

Mungkinkah Anda Depresi?

Seperti Picasso, setiap orang mengalami “blues” dari waktu ke waktu. Tetapi jika Anda mengalami depresi, Anda mengalami lebih dari sekadar suasana hati yang buruk atau hari yang buruk. Pada faktanya, depresi mempengaruhi 19 juta orang pada tahun tertentu dan merupakan gangguan yang cukup serius untuk mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi secara normal dari hari ke hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.