5 Tips Memberi Kritikan dengan Cara yang Positif

oleh -73 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sangatlah mudah memberikan pujian atau feedback positif. Yang menantang, saat kamu dihadapkan pada dilema. Memilih jujur dengan kritikan yang pasti gak enak didengar, atau melakukan white lie demi membuat teman atau pasanganmu senang. Ribet, kan? (az)

Keribetan terjadi karena kodrat manusia yang sebenarnya gak suka dengan kritikan. Nah, kritikan ini bahkan bisa membuat hubungan yang tadinya rekat jadi renggang, akibat pihak penerima kritik merasa tersinggung. 

Nah, agar tidak ada yang tersinggung, berikut beberapa tips memberi feedback negatif dengan cara positif dilansir dari idntimes.comLet’s take a look!

1. Fokus pada perubahan yang bisa dilakukan

Kritikan bisa sangat membantu dan konstruktif apabila cara penyampaiannya tepat. Alih-alih berfokus pada kesahalan atau kekurangan, cobalah untuk lebih memusatkan perhatian pada perubahan apa yang bisa dia lakukan agar hasilnya jadi lebih baik lagi.

Yang mesti diingat, hindari menggunakan kata-kata yang menghina atau meremehkan, ya! Dengan begitu, teman atau pasanganmu jadi bisa yakin, kalau feedback negatif yang kamu utarakan itu memang dilandasi dengan niat yang baik.

2. Utarakan alasan kenapa kamu memberi feedback negatif

Kamu gak bisa berharap orang lain dapat membaca pikiranmu. Untuk menghindari salah paham, utarakan saja alasan kenapa kamu memberinya kritikan.

Dengan mendengar langsung kalau kamu bermaksud baik, hal itu bisa mencegahnya dari rasa kecewa atau prasangka buruk kalau kamu gak mendukungnya. Ia pun jadi sadar, walaupun kritikan ini gak enak didengar, tapi setidaknya bisa jadi masukan positif untuk perbaikan ke depannya.

3. Jangan singgung kesalahan

Tentu ada alasan kenapa kamu memberi feedback negatif. Bisa jadi hasilnya memang masih gak karuan, atau masih banyak kesalahan di sana-sini.

Bila kamu menyinggung berbagai letak kesalahan tersebut, dia jadi berfokus pada sisi negatifnya saja, dan gak heran akan merasa tersinggung. Tapi, apabila kamu melakukan pendekatan dari berbagai kesempatan yang bisa dia dapatkan bila melakukan perbaikan, maka dia pasti senang, karena melihat ada harapan baik ke depannya.

4. Pilih tempat dengan privasi terjaga

Bila ingin memuji, pujilah di depan publik. Tapi, kalau hendak mengkritik, pilih tempat yang tersembunyi, alias privasinya bisa terjaga. Hal ini untuk menjaga harga dirinya tidak terluka.

Terkadang yang bikin orang marah dengan kritikan bukan pada feedback itu sendiri. Melainkan, cara penyampaiannya yang malah bikin dia merasa dipermalukan.

5. Berikan dia ancang-ancang

Bayangkan, saat kamu sedang berbunga-bunga karena mendapat pujian di sana-sini, tiba-tiba mendengar feedback negatif yang sangat berbeda dengan yang selama ini telah kamu dengar. Pasti syok, kan? Tentu bisa dimaklumi bila kamu jadi gak bisa merespon dengan baik, misalnya jadi marah.

Itulah sebabnya sebelum menyampaikan kritikan, coba beri ancang-ancang, supaya dia bisa bersiap diri. Misalnya, dengan mengatakan, “Aku mau menyampaikan hal yang mungkin gak suka kamu dengar. Tapi, beneran, deh, aku ngomong ini gak bermaksud buruk.” Dari situ, setidaknya dia sudah prepare kalau apa yang disampaikan nanti memang gak indah di telinga. Jadi, gak kaget.

Semoga dengan tips tadi bisa membantumu untuk senantiasa bisa jujur terhadap orang-orang tersayang tanpa harus menyinggung mereka. Selamat mencoba!

Baca juga: 8 Tipe Relationship! Mana yang Sedang Kamu Jalani?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.