5 Waktu Terbaik Sebagai Sumber Inspirasi Menulis

oleh -20 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seseorang yang hobi menulis mungkin bisa menulis dalam situasi apapun karena sudah terbiasa. Namun, bagi kamu yang masih pemula dalam dunia tulis menulis, kamu perlu memperhatikan lima waktu terbaik yang dapat menjadi sumber inspirasi agar kamu lancar menulis! (az)

Langsung simak sederet inspirasinya di bawah ini, ya!

1. Jam 9 pagi sampai 11 siang

Saat pagi hari, tubuh akan membangkitkan gairah dan semangat untuk beraktivitas. Sekitar jam 9 pagi sampai 11 siang adalah waktu terbaik bagi otak untuk berkreativitas. Kamu bisa mengembangkan ide-ide menulismu dengan baik dan berkonsentrasi saat menulis.

Jika waktu tersebut kamu manfaatkan dengan baik, inspirasi yang muncul akan tersalurkan dengan baik dalam tulisanmu. Cobalah menulis sambil bersantai minum teh hangat atau kopi di pagi hari, maka idemu akan mengalir dalam tulisanmu.

2. Sebelum tidur

Inspirasi muncul saat suasana tenang dan tidak ada beban pikiran. Suasana malam sebelum tidur yang terasa hening sangat cocok untuk menemukan inspirasi menulis. Sempatkan waktu untuk menulis walaupun hanya beberapa kalimat atau paragraf.

Jangan bingung ingin menuliskan apa. Ingatlah aktivitas yang telah kamu lalui seharian, orang-orang yang kamu temui, pengalaman baru, atau bahkan cerita masa lalu yang kamu ingat sebelum tidur sebagai sumber inspirasimu untuk menulis. Cobalah menulis dengan bahasa sederhana terlebih dahulu, setelah itu baru kembangkan menjadi suatu paragraf yang runut.

3. Setelah membaca buku atau menonton film

Buku yang kamu baca atau film yang telah kamu tonton juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk menulis. Ingatanmu akan merekam suatu hal yang berkesan. Apalagi, saat ini banyak buku dan film yang menginspirasi. 

Buku  nonfiksi atau film yang menggambarkan kehidupan nyata bisa menjadi sumber inspirasi untuk menulis cerita real life. Sedangkan, buku fiksi atau film berbau fantasi bisa kamu jadikan ide untuk menulis suatu hal yang bersifat khayalan, misalkan menulis cerpen atau novel fiksi. Jika kamu menemukan ide setelah membaca buku atau menonton film, segera tulis di buku atau ponselmu agar tidak terlupa setiap momen yang tersaji dan hinggap di kepala kamu.

4. Saat mengunjungi suatu tempat

Saat kamu mengunjungi suatu tempat yang berkesan dan meninggalkan kenangan, tentunya kamu tidak ingin segera melupakannya, bukan? Kamu bisa menuliskan suatu hal yang berkesan yang kamu dapatkan di tempat tersebut. Suasana alam biasanya akan memunculkan banyak inspirasi yang bisa kamu kembangkan menjadi sebuah tulisan.

Saat kamu mengunjungi suatu tempat, tentunya kamu merasakan suasana yang berbeda daripada berdiam diri di rumah. Tuliskanlah aksara yang ingin kamu tulis.

Misalnya ketika di pegunungan, kamu tentu menikmati pemandangan yang indah serta suasana yang sejuk dan damai. Coba tuliskanlah ide-ide yang kamu temukan apapun bentuk tulisannya, baik itu puisi, cerpen, atau bahkan kamu bisa menemukan penemuan-penemuan ilmiah di tempat tersebut.

5. Setelah mendengarkan curahan hati teman

Cobalah menjadi pendengar yang baik. Resapi apa yang dikisahkan oleh orang-orang di sekitarmu. Untuk menemukan ide menulis, kamu perlu membayangkan bagaimana jika kamu berada di posisi temanmu agar kamu juga ikut larut terbawa perasaan.

Kamu bisa manyalurkan ide yang kamu temukan dalam bentuk puisi. Biasanya, puisi berisi tentang curahan hati akan mudah ditulis. Rangkailah kata demi kata menjadi sebuah kalimat yang bermakna. Lama-lama kamu akan menjadi terbiasa untuk menulis.

Sumber: idntimes.com

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Krisis Ide Menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *