6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan dalam Me-review Buku

oleh -56 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kegiatan me-review adalah hal menyenangkan dan bisa dilakukan siapa saja. Apalagi  untuk mereka yang menyukai dan gemar membaca buku. Selain sebagai pengingat bahwa pernah membaca bukunya, kegiatan me-review juga mendatangkan banyak manfaat yang bisa didapatkan. (az)

Nah, untuk kamu yang sering me-review sebuah karya tulis, berikut adalah 6 hal yang wajib kamu cantumkan. Kira-kira review kamu sudah lengkap atau belum, ya? Yuk, langsung saja simak di bawah ini.

1. Tulis bagian yang menarik dan kurang menarik dari isi buku

Ini adalah poin yang paling utama dan wajib dicantumkan sebelum me-review sebuah buku. Sama seperti me-review produk lainnya, buku juga pasti mempunyai bagian paling menarik dan kurang menarik. 

Nah, supaya kamu bisa menulis bagian-bagian tersebut, tentu harus membacanya terlebih dulu, ya. Karena sebuah penilaian itu meskipun sebuah opini, tapi juga perlu dilandasi oleh bukti.

2. Tulis bagian penting yang tidak ada di buku lain

Bagian selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah ini. Mengapa? Karena sebuah review bisa saja akan menjadi bahan pertimbangan oleh calon pembaca yang lain. 

Berminat atau tidak pembaca baru tersebut, tentu akan melihat hal unik terlebih dulu yang ada di dalam buku tersebut. Kalaupun ini hanya sebuah pendapat, tapi usahakan dalam menyampaikan juga harus serius.

3. Sertakan ciri khas buku atau penulisnya

Hal ini tidak jauh-jauh dari gaya khas penulis dalam menyampaikan sebuah karya. Biasanya, setiap penulis mempunyai trik dan gaya bahasa tersendiri dalam mengemas tulisan mereka. 

Nah, kalau kamu suka mengoleksi buku dengan penulis yang sama ini bisa jadi lebih mudah. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa penulis tersebut menggunakan gaya bahasa yang berbeda-beda dalam setiap bukunya. Jadi, perlu diteliti, ya.

4. Perasaan yang muncul ketika sedang membaca

Hayo, siapa yang pas baca buku suka baper? Atau bahkan suka marah-marah gak jelas karena konfliknya? Nah, ini juga bisa jadi bahan untuk melengkapi review kamu, loh. 

Adapun untuk perasaan yang bisa kamu cantumkan bisa berupa kagum, penasaran, atau bahkan sedih. Semua tergantung kamu mengekspresikannya. Setiap orang tidak bisa disamakan dalam merasakan konflik dalam cerita.

5. Alur, penokohan, sudut pandang

Bagian ini juga harus diperhatikan dalam membuat sebuah review untuk buku. Bisa jadi dengan menyantumkan hal ini, maka pembaca review kita akan tertarik dengan isi ceritanya. 

Karena kembali lagi ke pembaca, setiap mereka punya alasan sebelum membeli buku. Salah satunya adalah terkait alur, penokohan yang digunakan, juga sudut pandang yang dipakai.

Baca juga: Kenali Perbedaan Resensi, Resume dan Review

6. Kutipan menarik, quotes, dan rating

Setelah bagian pertama sampai kelima sudah semua, akan lebih lengkap lagi jika ditambah yang keenam. Kutipan menarik atau quotes bisa jadi pemikat tersendiri dalam sebuah buku. 

Begitu juga dengan rating, meski terkesan sepele tapi ini bagian yang juga penting dalam sebuah review. Meski penilaian hanya dari seorang pembaca, namun pemberian rating tidak boleh asal-asalan, ya. 

Nah, itulah keenam bagian yang wajib ada dalam sebuah review. Kira-kira selama ini kamu me-review sudah ada semua atau belum, nih?

Sumber: https://www.idntimes.com/life/education/catatan-bungsu/6-point-penting-dalam-mereview-buku-c1c2/6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.