6 Tips untuk Membantumu Keluar dari Zona Nyaman

oleh -105 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita semua memiliki ambang batas untuk merasa tidak nyaman. Seberapa tinggi ambang batas itu bervariasi dari orang ke orang. Semakin tinggi ambang Anda, semakin nyaman Anda merasa tidak nyaman. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Dan menjadi lebih mudah terlepas dari tingkat kenyamanan alami Anda. (herdi)

Pentingnya Menjadi Tidak Nyaman untuk Pertumbuhan Pribadi dan Menetapkan Prioritas

Ada banyak situasi di mana kita harus merasa tidak nyaman untuk tumbuh dan belajar. Jika Anda selalu berada di zona nyaman Anda dan menghindari situasi di mana Anda mungkin gagal atau merasa tidak nyaman, maka tidak ada cara bagi Anda untuk tumbuh sebagai individu.

Mengapa Beberapa Orang Lebih Nyaman Berada Di luar Zona Nyaman

Beberapa orang secara alami lebih nyaman mencoba hal-hal baru dalam hidup; ini adalah kebalikan dari apa yang dikenal sebagai penghambatan perilaku.

Orang-orang ini sudah terbiasa memaksakan diri sampai batas mereka sehingga mereka tahu bagaimana rasanya berada di luar zona nyaman mereka. Orang-orang yang sama ini memiliki toleransi yang meningkat terhadap ketidaknyamanan karena mereka menjadi tidak peka dari waktu ke waktu.

Cara Merangkul Ketidaknyamanan Di luar Zona Nyaman

Merangkul ketidaknyamanan tidak akan mudah, tetapi itu perlu jika Anda ingin mengalami pertumbuhan pribadi. Langkah pertama adalah mengenali hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman dan mengetahui bagaimana perasaan Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi jenis pengalaman apa yang harus dicari. Di lansir dai situs Verywellmind Berikut adalah beberapa cara untuk merangkul ketidaknyamanan:

1.      Ambil risiko dan tantang diri Anda dengan melakukan hal-hal yang tidak nyaman

Lakukan sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman melakukannya, bahkan jika itu tidak langsung menghasilkan umpan balik atau penghargaan positif. Memiliki pengalaman “melakukan” membangun kepercayaan diri dan membantu membangun keterampilan untuk menghadapi masalah di masa depan yang mungkin muncul di luar zona nyaman Anda.

2. Cobalah hal-hal baru seperti makanan baru atau aktivitas baru

Jadilah berpikiran terbuka dan fleksibel. Ini memperluas wawasan Anda dan memaparkan Anda pada pengalaman baru yang dapat bermanfaat dalam membantu Anda tumbuh sebagai pribadi.

3. Jelajahi pengalaman baru meskipun berbeda dari yang biasa Anda alami

Jadilah pelajar dunia dan ajukan pertanyaan. Dengan melakukan itu, Anda akan mempelajari hal-hal baru dan mengenal orang dan latar belakang yang berbeda. Ini akan membuat hidup Anda lebih memuaskan meskipun terkadang membuat tidak nyaman.

4. Merasa nyaman dengan ketidaknyamanan dalam lingkungan sosial

Cobalah menjadi lebih sosial dan menerima ketidaknyamanan yang menyertainya. Seiring waktu, Anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, belajar bagaimana berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan yang berbeda, dan mendapatkan teman baru.

5. Merasa nyaman menjadi berbeda

Rangkullah berdiri keluar daripada mencoba untuk menjadi seperti orang lain. Melakukannya membantu Anda menyadari bahwa tidak apa-apa untuk tidak cocok dengan orang banyak dan bahwa ada orang lain yang merasakan hal yang sama seperti Anda.

Dapatkan keyakinan, ide, atau pendapat yang menantang dengan nyaman tentang diri Anda dan orang lain. Penasaran dan bertanya-tanya. Melakukannya membantu Anda menyadari bahwa ada banyak perspektif berbeda di dunia dan tidak apa-apa untuk memiliki perspektif Anda sendiri.

6. Buatlah daftar lima kegiatan

Buatlah daftar lima hal yang benar-benar ingin Anda lakukan yang membuat Anda tidak nyaman. Buat janji pada diri sendiri untuk perlahan-lahan menelusuri daftar Anda dan menyelesaikan tugas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.