Bahaya Menahan Kencing

oleh -54 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/fashion'>Fashion photo created by benzoix - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Halo sobat Zetizen, pernah gak sih kalian menahan untuk kencing dalam kehidupan kalian? atau malah kalian sering menahan buang air kecil. Jika iya, sebaiknya hindari melakukan hal tersebut karena menahan kencing memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh. Anda mungkin dapat menahannya jika sedang dalam perjalanan. Akan tetapi, hal itu akan berakibat buruk. (rf17)

Sebagian orang terkadang menganggap remeh kebiasaan ini dikarenakan berbagai alasan, mulai dari malas untuk beranjak dari tempatnya atau mungkin karena takut pergi ke toilet. Namun, apapun alasannya sobat Zetizen harus mulai merubah kebiasaan ini karena kebiasaan ini akan menimbulkan masalah yang cukup serius di kemudian hari. Lalu apa saja sih masalah yang akan muncul dari menahan buang air kecil? mari simak penjelasan berikut.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat disebabkan oleh menumpuknya bakteri di sekitar pembukaan uretra. Alhasil, bakteri akan masuk ke dalam uretra saat Anda sedang tidak buang air kecil.

Buang air kecil adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan bakteri. Jika Anda menahannya terlalu lama, bakteri akan menumpuk dan menginfeksi tubuh Anda. Hal ini bisa saja dicegah dengan rutin minum air putih. Dengan rutin minum air putih, kandung kemih terisi dan tubuh akan rutin membuang air kecil yang mengandung bakteri tersebut.

Inkontinensia Urine

Baca juga : Bagaimana Vaksin Bekerja

Inkontenensia urine adalah melemahnya kandung kemih untuk menampung urine. Hal ini disebabkan karena saat kita menahan buang air kecil, kandung kemih akan menegang. Jika dilakukan terus-menerus, kandung kemih akan kendor dan kesulitan menampung urine.

Jika akhir-akhir ini kamu merasa kesulitan menahan urine, segera konsultasikan ke dokter.

Batu Ginjal

Hal ini jelas akan terjadi jika terlalu sering menahan buang air kecil. Alasannya adalah berlebihnya natrium dan kalsium. Mineral yang tidak dikeluarkan secara teratur dapat membentuk batu kecil di dalam ginjal.

Itulah beberapa dampak negatif dari terlalu sering menahan membuang urine.
Urine mengandung bakteri dan kotoran lainnya dari dalam tubuh. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita membuangnya saat diperlukan.

Sekian Artikel yang sederhana dari saya. Terima kasih.

One thought on “Bahaya Menahan Kencing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.