Beberapa Manfaat Self Reward, Jangan Salah Persepsi!

oleh -44 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan istilah self reward atau memberikan penghargaan pada diri sendiri, atas kerja kerasmu selama ini. Namun sayangnya, mayoritas orang menafsirkan self reward sebagai kegiatan belanja, membeli segala sesuatu yang diidam-idamkan dengan uang hasil pekerjaannya. Di mana itu membuat sebagian orang jadi boros seketika. (az)

Belum lagi mereka suka sekali menjadikan kata-kata self reward sebagai tameng, untuk membenarkan aktivitas berbelanja yang sudah berlebihan. Nah, kamu termasuk salah satunya gak, nih? Jika iya, sebaiknya kamu cari tahu dulu, deh manfaat dari self reward yang sesungguhnya. Karena memberikan penghargaan pada diri sendiri itu penting, lho.

1. Membuatmu lebih rajin bekerja

Membiasakan diri untuk memberikan self reward tiap akhir bulan, nyatanya bisa mendorongmu untuk rajin bekerja, lho. Mungkin tadinya kamu sudah mulai jenuh dengan tugas-tugas yang menumpuk di kantor. Namun semenjak pertama kali memberikan penghargaan pada diri sendiri, kamu jadi mulai bangkit dan mencintai pekerjaanmu lagi. 

Sebab dari situlah sumber penghasilanmu didapatkan. Dengan memiliki gaji yang lumayan jumlahnya, kamu jadi bisa memanjakan diri sekali waktu. Seperti pergi shopping, nonton film atau perawatan rambut di salon. Bayangkan kalau kamu kehilangan pekerjaan karena malas, tentu gak akan ada dana untuk memanjakan diri sendiri lagi, dong.

2. Memberimu waktu untuk beristirahat

Sebenarnya yang namanya self reward itu gak selalu dikaitkan dengan kegiatan belanja atau menghambur-hamburkan uang, kok. Kamu bisa memberikan penghargaan pada dirimu yang sudah bekerja keras, dengan cara meluangkan waktu seharian untuk beristirahat. Lakukan me time dengan cara yang sederhana. Misalnya, nonton film di rumah atau tidur siang.

Semua kegiatan tersebut, kan gak bisa kamu lakukan sehari-hari karena harus pergi bekerja. Anggap ini sebagai bentuk ‘upah’ pada dirimu sendiri. Jadi jika suatu saat nanti kamu gak ada budget buat self reward, tidur seharian atau nonton drama Korea pun, bisa bikin hatimu senang, kok. 

3. Menjauhkanmu dari perasaan stres

Bekerja delapan jam sehari selama satu bulan dan cuma libur Sabtu-Minggu saja, siapa yang gak lelah menjalani rutinitas tersebut? Maka wajar, bila kamu membutuhkan yang namanya healing. Salah satu caranya adalah dengan memberikan diri sendiri penghargaan atas kerja kerasnya selama ini.

Boleh, deh kalau mau pergi liburan barang sehari dua hari. Asal sudah siap dananya, ya. Jangan sampai memaksakan diri untuk bisa liburan, padahal gak ada uang. Karena sejatinya kegiatan self reward itu bertujuan untuk menjauhkanmu dari stres. Bayangkan kalau kamu sampai harus berutang demi berangkat liburan. Pulang-pulang malah jadi pusing mikirin cicilannya, lho.

4. Membuatmu untuk terbiasa menabung

Semenjak rutin memberikan self reward pada diri sendiri, alhasil kamu jadi rajin menabung, nih. Karena dirimu sadar, kalau cuma mengandalkan sisa penghasilan saja, gak semua keinginanmu bisa terwujud. Sekali-kali, kan ingin juga merasakan naik pesawat ke luar negeri. Jadi, ya cara satu-satunya yang terpikirkan sekarang adalah menabung. 

Tapi bukan berarti niat baikmu itu selalu berjalan mulus, lho. Terkadang, ada saja kebutuhan mendesak yang memerlukan dana besar. Terpaksa, uang tabungan tersebut harus dipakai dulu. Belum lagi saat kamu tergoda ingin membeli sesuatu. Kalau gak kuat iman, lagi-lagi tabungan yang jadi korban. Meskipun banyak rintangan, nyatanya sampai sekarang kamu masih rajin menabung, kan. Salut banget, deh!

5. Membuatmu lebih menghargai diri sendiri

Terakhir dan gak kalah pentingnya adalah, membiasakan diri memberi self reward ternyata bisa membuatmu lebih menghargai dirimu sendiri. Karena kadang, ada saja orang yang justru merendahkan dirinya karena menganggap pencapaiannya belum seberapa dibandingkan orang lain. Sedangkan sesungguhnya masing-masing orang itu berharga, kok. 

Kalau memang kamu sudah terbiasa memberikan self reward bagi dirimu sendiri, lanjutkan! Sebab percayalah, kamu pantas menikmati hasil kerja kerasmu selama ini. Tapi ingat, gak boleh berlebihan apalagi sampai menuruti segala keinginan nafsu semata, ya. Mentang-mentang banyak duit kamu jadi boros. Itu, sih big NO! Mending uangnya digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, misalnya ditabung atau berinvestasi. 

Memanjakan diri sendiri itu gak ada salahnya. Dengan catatan tidak sampai berlebihan. Apalagi ternyata, self reward itu banyak manfaatnya. So, apakah selama ini kamu sudah memberikan self reward dengan benar? Atau malah kamu masih mengira self reward itu berarti beli ini-itu sesuka hati? Bila masih salah paham, ada baiknya mulai sekarang, benahi pola pikirmu dulu, ya!

Sumber: idntimes.com

Baca juga: Bye Insecure, Welcome Self-Love! : Kunci Sukses Mencintai Diri Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.