Beberapa Tips Mudah Public Speaking untuk Murid

oleh -47 views
Public speaking
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tips public speaking untuk siswa bertujuan untuk mengurangi kecemasan yang dapat mengganggu dalam memberikan presentasi atau pidato di kelas. Tips yang di lansir dari verywellmind ini juga dapat bermanfaat bagi mereka dengan gangguan kecemasan sosial (SAD)  yang mengalami kesulitan berbicara di depan kelompok atau bercerita di antara teman-teman. (herdi)

Tips Public Speaking

Jika Anda mengalami SAD dan perlu memberikan pidato di sekolah dasar, sekolah menengah, perguruan tinggi, atau universitas, ada baiknya Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin. Di luar persiapan, bagaimanapun, ada strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi kecemasan dan melawan keinginan untuk tinggal di rumah dengan penyakit palsu.

Praktik

Bahkan pembicara hebat pun berlatih pidato mereka sebelumnya. Berlatihlah dengan keras dengan alat perekam atau kamera video, lalu perhatikan diri Anda untuk melihat bagaimana Anda dapat meningkatkannya. Jika Anda merasa berani, berlatihlah di depan teman atau anggota keluarga dan mintalah umpan balik.

  • Bicara tentang apa yang Anda ketahui: Jika memungkinkan, pilih topik untuk pidato atau presentasi Anda yang sangat Anda ketahui dan sukai. Semangat Anda untuk topik akan dirasakan oleh audiens, dan Anda akan merasa bahwa topik itu adalah keahlianmu.
  • Berkonsentrasi pada pesan Anda: Saat Anda fokus pada tugas yang ada, kecemasan cenderung tidak lepas kendali. Berkonsentrasilah pada pesan utama pidato atau presentasi Anda dan jadikan tujuan Anda untuk menyampaikan pesan itu kepada siswa lain di kelas Anda.
  • Tarik perhatian audiens: Sebagian besar teman sekelas Anda akan memperhatikan setidaknya selama 20 detik pertama; menarik perhatian mereka pada saat-saat awal itu. Mulailah dengan fakta atau cerita menarik yang berhubungan dengan topik Anda.
  • Miliki satu pesan utama: Fokus pada satu tema sentral dan teman sekelas Anda akan belajar lebih banyak. Ikat bagian yang berbeda dari pembicaraan Anda dengan tema utama untuk mendukung keseluruhan pesan Anda. Mencoba untuk menutupi terlalu banyak tanah dapat membuat siswa lain merasa kewalahan.

Cara Mempersiapkan Public Speaking

Bersiap untuk public speaking juga penting jika Anda memiliki gangguan kecemasan sosial. Merasa percaya diri dan siap untuk memberikan pidato Anda dapat membantu mengurangi perasaan cemas Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkannya antara lain:

  • Kunjungi ruangan: Jika Anda memiliki akses ke ruang kelas di mana Anda akan berbicara di luar jam pelajaran. Luangkan waktu untuk berkunjung terlebih dahulu dan biasakan berdiri di depan ruangan.
  • Mengumpulkan pengalaman: Sukarelawan untuk berbicara di depan kelas Anda sesering mungkin. Jadilah orang pertama yang mengangkat tangan ketika sebuah pertanyaan diajukan. Kepercayaan diri Anda akan tumbuh dengan setiap pengalaman public speaking
  • Amati pembicara lain: Luangkan waktu untuk menonton pembicara lain yang pandai dalam apa yang mereka lakukan. Berlatihlah meniru gaya dan kepercayaan diri mereka.
  • Atur khotbah Anda: Setiap pidato harus memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Susun pembicaraan Anda sehingga siswa lain tahu apa yang diharapkan.

Kelola Kecemasan Anda

Beri tahu seseorang tentang kecemasan Anda: Jika Anda berbicara di depan kelas sekolah menengah atau perguruan tinggi, temui guru atau profesor Anda dan jelaskan ketakutan Anda saat public speaking.

  • Visualisasikan kepercayaan diri: Visualisasikan diri Anda dengan percaya diri menyampaikan pidato Anda. Bayangkan merasa bebas dari kecemasan dan melibatkan siswa di kelas Anda.
  • Temukan wajah yang ramah: Jika Anda merasa cemas, temukan salah satu teman Anda di kelas. Lalu bayangkan Anda hanya berbicara dengan orang itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.