Begadang dan Dampak Negatifnya Pada Kulit

oleh -45 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Begadang mungkin sudah jadi kebiasaan banyak orang, bahkan beberapa orang mengalami kesulitan tidur karena terbiasa begadang. Ada yang begadang karena bekerja, belajar, hingga begadang karena marathon nonton drama series. (Nd)

Padahal, begadang merupakan kebiasaan buruk yang dapat berdampak negatif bagi tubuh, termasuk bagi kesehatan kulit. Pasalnya, untuk mendapatkan kulit yang sehat, kita perlu tidur dengan cukup.

“Saat kita tertidur, tubuh dapat beristirahat dengan baik. Kemudian proses regenerasi sel-sel dapat dilakukan dengan baik, termasuk sel kulit dan sel darah. Selain itu, tidur dengan cukup akan menurunkan kadar hormon stres kortisol, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit akibat radikal bebas,” jelas Jeannel Astarita, seorang ahli kecantikan, dilansir dari Real Simple.

Sistem Perlindungan Kulit Jadi Lemah

Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di New York, menerangkan bahwa di saat kita tidur, kulit akan meningkatkan produksi antioksidan untuk hari berikutnya. Antioksidan berperan besar untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah pada kulit. Maka dari itu, berkurangnya waktu tidur dapat menyebabkan sistem perlindungan kulit jadi lebih lemah. 

Begadang Memicu Jerawat

Tidur dapat menurunkan kadar hormon stres, kortisol. Tingkat kortisol yang rendah akan membantu proses regenerasi kulit serta meningkatkan perlindungan kulit. Sebaliknya, kurang tidur dapat mengganggu proses ini sehingga menyebabkan tubuh stres dan akhirnya memicu munculnya jerawat.

Baca Juga: Rekomendasi Moisturizer dengan Kandungan Ceramide

Penuaan Dini

Tidur yang cukup dapat membuat kulit sehat dan awet muda. Pasalnya, menurut Healthline, selama tidur, aliran darah ke kulit akan meningkat, kemudian kulit dapat memproduksi kembali kolagen yang mengurangi kerutan dan bintik-bintik penuaan. Jika kamu kerap begadang, proses alami ini tentu dapat terganggu, akhirnya produksi kolagen menurun dan kulit akan tampak lebih tua.

Kulit Jadi Kusam

Kulit yang sehat akan terlihat cerah karena produksi kolagen yang cukup serta level kelembapan kulit yang terjaga. Sebaliknya, kulit yang kekurangan hidrasi akan kering dan terlihat kusam. Faktanya, begadang dapat mengganggu fungsi skin barrier sehingga mengakibatkan kulit kekurangan hidrasi, menjadi kering, dan terlihat kusam.

Sumber: Beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.