Canggung saat Sedang Berbicara? Coba Tips berikut

oleh -51 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meskipun percakapan yang canggung mungkin tampak sulit, itu bisa menjadi kesempatan yang baik untuk berlatih berbasa-basi dan menangani konflik. Anda dapat belajar mengatasi percakapan yang canggung dengan merencanakan ke depan, meningkatkan keterampilan sosial Anda, dan mengetahui kapan harus menggunakan sedikit humor. (herdi)

Cobalah kiat-kiat ini untuk melewati percakapan canggung Anda berikutnya.

1.      Memahami Kecanggungan

Kelola situasi dengan memahami penyebab kegelisahan Anda. Mungkin ada banyak keheningan panjang atau mungkin orang lain memiliki pendapat yang kuat berbeda dari Anda. Identifikasi alasan kecanggungan, dan Anda akan selangkah lebih dekat untuk menemukan solusi.

2.      Jaga agar Percakapan Mengalir

Lakukan sebanyak yang Anda bisa untuk menjaga percakapan tetap berjalan, dan Anda dan mitra percakapan Anda akan merasa lebih nyaman. Percakapan yang baik lebih tentang membuat musik bersama daripada menemukan hal yang sempurna untuk dikatakan.

3.      Temukan Humornya

Jika percakapan menjadi canggung, pertimbangkan untuk melakukan sesuatu untuk meringankan suasana. Anda dapat melakukan ini dengan menceritakan lelucon atau cerita lucu, mengolok-olok diri sendiri, atau menemukan humor dalam situasi Anda saat ini. Menjaga suasana hati tetap ringan akan membantu mencairkan suasana dan memajukan percakapan.

4.      Setuju untuk Berkompromi

Terkadang percakapan menjadi canggung karena perbedaan pendapat. Dalam situasi ini, selalu berusaha untuk menemukan kompromi. Latih empati terhadap orang lain, dan cobalah untuk memahami bagaimana dia memandang situasi secara berbeda dari Anda.

5.      jadilah pengertian

Tidak semua orang adalah kupu-kupu sosial yang suka membuat percakapan. Beberapa orang mungkin hidup dengan rasa malu atau kecemasan sosial dan membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan pemanasan dalam situasi baru dan dengan orang baru. Jika seseorang merasa gugup di sekitar Anda karena dia tidak mengenal Anda, bersikaplah baik dan pengertian.

Kecanggungan mungkin tidak ada hubungannya dengan Anda. Jika orang lain hidup dengan gangguan kecemasan sosial, mungkin ketakutan atau kepanikan yang menyebabkan kecanggungan di antara Anda.

6.      Berikan pertanyaan

Mungkin Anda berada dalam percakapan yang canggung karena Anda benar-benar tidak tahu apa-apa tentang orang lain. Dalam situasi ini, yang terbaik adalah mengajukan pertanyaan untuk mencoba dan menemukan minat bersama yang dapat berubah menjadi percakapan.

7.      Berurusan Dengan Topik Canggung

Gunakan kebijaksanaan untuk mengelola situasi yang canggung karena apa yang telah dikatakan. Arahkan percakapan ke arah yang berbeda dengan mengatakan sesuatu seperti, “Oh, itu menarik. Anda tahu apa lagi yang saya dengar kemarin?” dan terus berbicara tentang topik yang kurang sensitif. Cara lain untuk menangani topik yang canggung adalah tetap diam atau berterus terang bahwa Anda merasa tidak nyaman.

8.      Pilih Kebaikan

Jika seseorang berduka karena kehilangan atau ada perselisihan keluarga, itu dapat membentuk arus bawah dan menciptakan kecanggungan dalam percakapan. Seringkali cara terbaik untuk menangani situasi ini adalah dengan mengungkapkannya secara terbuka—dengan cara yang baik dan penuh kasih.

9.      Tawarkan Topik Baru

Topik diskusi baru sangat cocok untuk jeda dalam percakapan. Siapkan beberapa di antaranya untuk dibawa keluar saat Anda merasa tidak ada orang lain yang ingin mengatakan sesuatu. Beberapa contoh topik termasuk acara televisi populer, kesamaan yang Anda semua miliki (seperti ujian yang akan datang di sekolah), dan peristiwa terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.