Cara Jitu Atasi Rasa Jenuh Ketika Belajar

oleh -31 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Rasa jenuh tentu jadi hal yang normal, apalagi jika kamu melakukan sesuatu terus menerus. Pun kalau kamu sedang belajar, pasti sering dihampiri rasa jenuh. Namun, kamu gak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara jitu atasi rasa jenuh ketika belajar. Apa saja caranya? Yuk, langsung simak pembahasannya berikut ini. (az)

1. Cari tempat belajar alternatif untuk mendapat suasana baru

Siapa nih yang selalu belajar di kamar? Memang benar sih, kalau belajar itu umumnya di kamar, tapi kalau kamu melakukannya terus menerus rasa jenuh bisa timbul karena kamu bosan dengan suasana yang gitu-gitu aja.

Maka dari itu, coba deh kamu pergi ke luar, mencari tempat dengan suasana baru untuk belajar. Namun, perlu diingat untuk mencari tempat yang kondusif supaya kamu juga bisa belajar dengan nyaman dan tenang.

2. Belajar sambil nonton video study with me

Saat masa pandemi kayak gini, tentu jadi lebih sering belajar mandiri, ya! Itu juga bisa menjadi pemicu rasa jenuh belajarmu. 

Nah, buat kamu yang pengen cari teman untuk belajar, ada cara mudah yang bisa kamu coba, yaitu dengan nonton video study with me. Kamu bisa kok mencari videonya di YouTube.

Dengan belajar sambil nonton video study with me, diharapkan kamu jadi terpacu dan lebih semangat untuk belajar. Eits, tapi jangan cuma fokus nonton aja, ya!

3. Jangan paksakan diri jika sudah lelah, tubuhmu juga perlu istirahat, lho!

Tubuh juga perlu rehat sejenak, lho! Apalagi kalau kamu sudah terlalu lama belajar. Daripada materi yang kamu pelajari gak terserap dengan baik karena lelah dan jenuh, mending kamu istirahat dulu.

Ketika siang hari, kamu bisa tidur siang selama 20 hingga 30 menit. Waktu tersebut udah cukup buat kamu jadi bersemangat dan lebih fokus buat belajar lagi, lho!

Baca juga: 5 Tips Auto Paham Buat Belajar Skill Baru!

4. Cari sumber belajar lainnya

Banyak sumber materi dan bacaan yang bisa kamu pakai sebagai sumber belajar. Dengan sumber belajar yang lebih bervariasi, kamu jadi gak mudah jenuh saat belajar.

Kalau kamu bingung cari sumber belajar lainnya, bisa lihat video di YouTube atau pergi ke perpustakaan. Udah mendapat wawasan baru, gratis lagi!

5. Self reward juga perlu, tapi juga harus bijak

Di sela-sela waktu belajar, kamu bisa memanfaatkannya untuk self reward. Sesuaikan saja self reward dengan hobi dan kesenanganmu.

Ingat! Kamu harus bijak dalam memberi reward pada diri sendiri. Jangan sampai terlena dan lupa sama tanggung jawab belajarmu.

Nah, itulah beberapa cara jitu atasi rasa jenuh saat belajar, coba istirahat sejenak dan analisis dulu apa yang menjadi penyebabnya. Langsung cobain kalau sedang jenuh belajar, ya! Semangat dan selamat mencoba.

Sumber: idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.