Cara Membuat Pilihan yang Tepat

oleh -102 views
Cara menentukan pilihan
<a href='https://www.freepik.com/vectors/people'>People vector created by pch.vector - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap harinya manusia selalu dihadapkan oleh banyak pilihan mulai dari bangun tidur sampai hendak tidur lagi. Hal itu adalah hal yang sudah biasa dalam kehidupan tapi ada suatu momen di mana manusia di hadapkan dengan pilihan yang sangat penting dan penuh pertimbangan. (RF17)

Membuat keputusan yang tepat bukanlah sesuatu yang datang begitu saja diperlukan latihan agar kita terbiasa jika dihadapkan dalam sebuah pilihan yang berat. Jangan sampai pilihan yang kita ambil menghancurkan kehidupan kita ke depannya seperti salah memilih pasangan hidup dan lain-lain. Berikut langkah yang dapat kamu lakukan ketika hendak mengambil sebuah keputusan.

Pertanyakan Keputusan yang Ingin Kita Ambil

Sebelum mengambil keputusan cobalah untuk pertanyakan kenapa kita harus memutuskan demikian. Hal ini dapat membantu kita untuk melihat lebih jauh tentang hal yang akan kita buat. Dengan bertanya kepada diri sendiri tentang pilihan yang akan kita buat kita jadi tahu keuntungan dan kerugian dari setiap pilihan kita. Nah jika sudah mengetahui side effect dari keputusan yang kita buat kita jadi bisa buat antisipasi jika keputusan kita salah nantinya.

Baca juga : Jurus Tetap Produktif

Membuat Alternatif

Seringkali kita telah membuat sebuah rencana dalam menjalankan sebuah keputusan yang telah kita buat. Tapi terkadang rencana yang kita buat tidak berjalan dengan mulus. Ada sebuah rintangan yang membuat kerjaan kita jadi melenceng dari pilihan yang telah kita ambil sebelumnya. Karena itulah wajib bagi kita untuk membuat alternatif dari setiap pilihan yang kita buat. Karena analisis yang kita buat belum tentu benar terkadang hal buruk terjadi diluar dugaan kita. Kita harus sadar bahwa tidak semua hal dalam hidup bisa kita kontrol hanya ada satu hal yang dapat kita kontrol yaitu diri kita sendiri.

Seperti kata Seneca “ Semua hal yang terjadi dalam hidup ini pasti ada alasannya. Ketika kita salah kita bisa belajar dari kesalahan kita. Tapi kalau keputusan yang kita buat tepat kita bisa bersyukur atas keputusan yang telah kita buat”. Nah mungkin segitu saja hal yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.