Cara Tepat Atasi Kesepian, Jangan Larut dengan Keadaan

oleh -20 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Semua orang bisa merasakan kesepian terlebih jika harus merantau jauh dari keluarga. Namun sudah sepantasnya kamu tak melulu hanya diam dan meratapi diri. Jauh dari keluarga memang menyiksa namun ini merupakan salah satu cara agar mentalmu semakin kuat. Terapkan sekarang juga, ini lima cara tepat atasi kesepian yang saat ini sedang melandamu! (az)

1. Bergabung bersama komunitas tertentu

Daripada kamu hanya diam di kamar alangkah baiknya saat waktu luang kamu ikut komunitas tertentu, entah itu komunitas hobi atau lainnya. Dengan begitu kamu takkan punya waktu untuk merasa kesepian karena selalu disibukkan dengan bertemu orang-orang baru.

Kesepian hadir karena kurangnya aktivitas, oleh sebab itu baiknya kamu sibukkan dirimu supaya otak takkan berpikir macam-macam. Siapa tahu dengan ikut komunitas hobi kamu pun bisa mendapatkan teman yang nyambung dan akhirnya bisa menjadi sahabat.

2. Buat hubungan pertemanan semakin hangat

Kesepian pun bisa hadir karena kamu kurang dekat dengan teman-temanmu. Oleh sebab itu baiknya kamu memulai pertemanan yang hangat agar tak merasa kesepian lagi. Jangan jaga jarak bersama teman-temanmu karena pada dasarnya se-introvert apapun kamu tetap saja kamu butuh teman.

Namun pastikan kamu nyaman berteman dengan orang-orang di lingkunganmu. Karena nyaman merupakan hal yang sangat penting dan jangan sampai kamu abaikan.

3. Sibukkan diri dengan hal yang bermanfaat

Daripada melamun tak jelas karena kesepian, lebih baik kamu mulai menyibukkan diri dengan hal-hal yang kamu sukai. Entah itu membaca buku, menonton film atau apapun yang akan membuatmu bahagia.

Kesepian hadir karena kurangnya aktivitas, bisa jadi kamu tak akan banyak memikirkan hal-hal yang tak penting jika mulai menyibukkan diri. Jangan takut dengan sepi karena sesekali kamu butuh waktu sendiri, bukan?

Baca juga: Merasa Kesepian? Ini Alasan Kamu Tidak Punya Teman

4. Memulai obrolan dengan orang baru

Metode lainnya saat sedang merasa kesepian yaitu mulailah untuk mengobrol dengan orang baru. Jangan membatasi diri dalam bergaul dan bertemanlah dengan siapa saja dengan bagitu kamu tidak akan begitu merasa kesepian.

Namun ada baiknya tetap waspada juga saat bergaul dengan siapa saja. Hal ini bertujuan untuk keselamatan dirimu sendiri karena tak semua orang memiliki hati yang baik.

5. Cari alasan utama

Saat kamu merasa kesepian ada baiknya kamu juga mencari penyebabnya. Mana tahu kamu kesepian karena jauh dari keluarga atau karena memiliki teman yang sedikit. Dengan begitu kamu tidak akan galau berkepanjangan karena merasa kesepian. 

Itulah 5 cara tepat untuk atasi kesepian. Pada dasarnya manusia memang mahluk sosial, sehingga ketika sendiri banyak yang merasa kesepian. Meski begitu jangan terus larut dengan keadaan lebih baik mulai lakukan hal-hal yang bermanfaat.

Sumber: IDN Times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.