Cerita Science-Fiction Ada Subgenre-nya Lho!

oleh -41 views

Zetizen Radar Cirebon – Tahukah kamu? Bahwa cerita science-fiction atau fiksi-sains memiliki beberapa subgenre lho! Bisa menjadi referensi menulis nih! Penasaran bukan kira-kira subgenre-nya apa saja? Mari simak pembahasan berikut! (Susan)

• Dying Earth

Penulis sering kali menggunakan subgenre ini ketika menulis suatu cerita. Subgenre ini menceritakan bahwa bumi sedang sekarat karena tertimpa sesuatu musibah, malapetaka, maupun semacamnya. Biasanya kebanyakan dari penulis mengambil kisah fiksi-sains ini dengan mengaitkan kisahnya pada percobaan-percobaan berbahaya, virus menular, sampai invasi alien.

• Time Travel

Subgenre ini tentunya sudah tidak asing lagi, bukan? Dan tentunya kamu pasti pernah mendengarnya. Ya! Time travel. Merupakan subgenre dari fiksi-sains tentang perjalanan waktu. Biasanya penulis membuat kisah tentang perjalanan waktu ke masa lalu maupun masa depan. Tak jarang pula, penulis menghadirkan dunia alternatif dari perjalanan waktu tersebut. Inti dari subgenre ini berfokus pada waktu. Sehingga bagi kamu yang menjadikan subgenre ini sebagai referensi menulis, kamu bisa bermain-main nih dengan alur waktunya.

• Perang Interstellar

Source by iStock

Subgenre science-fiction yang satu ini biasanya memiliki latar di masa depan. Akibat dari kecerdasan manusia yang menciptakan berbagai teknologi canggih, sehingga manusia dapat melakukan perang antar galaksi.

Baca juga : Makoto Shinkai Siap Kembali Merilis Film Terbarunya!

• High Technologies

Sesuai dengan namanya. Pada subgenre ini, lebih menitikberatkan pada kemajuan teknologi yang canggih. Ada pula beberapa genre turunan dari high technologies, beberapa di antaranya :

  • Cyberpunk

Merupakan subgenre yang menggambarkan keadaan distopia yakni berupa khayalan yang buruk dengan disertai pemanfaatan teknologi tingkat tinggi. Cerita-cerita cyberpunk umumnya terjadi pada masa depan yang tidak jauh dari masa kini. Di dalam genre ini dapat kita jumpai banyak tokoh dan elemen seperti hacker, perusahaan besar, dan juga kecerdasan buatan yang menjadi ciri khas dari genre tersebut.

  • Dieselpunk

Subgenre yang berkaitan dengan teknologi diesel yang kemudian biasanya akan berkaitan dengan keadaan lingkungan yang semakin parah.

  • Biopunk

Dalam subgenre ini, berkaitan dengan bidang biologi. Biasanya cerita-cerita dalam subgenre ini mengenai keadaan dunia yang berdasarkan ilmu pengetahuan biologis, masyarakat atau tokoh utamanya pun terbentuk dengan sebab alasan biologis seperti modifikasi genetika dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.