CFO Orang Tertinggi di Perusahaan Setelah CEO?

oleh -29 views
source: moneycrashers

ZETIZEN RADAR CIREBON- CFO (Chief Financial Officer) adalah jabatan perusahaan untuk orang yang bertanggung jawab mengelola operasi dan strategi keuangan perusahaan. CFO melapor langsung kepada CEO. Mereka juga memiliki masukan penting dalam investasi perusahaan, struktur modal, pengelolaan uang, dan strategi bisnis jangka panjang. (IND)

Di industri keuangan, CFO adalah posisi dengan peringkat tertinggi. Di industri lain, beranggapan bahwa CFO adalah orang dengan peringkat tertinggi kedua di perusahaan setelah CEO.

Apa tugas CFO?

Tugas Chief Financial Officer meliputi

  1. perencanaan keuangan
  2. Mengelola risiko keuangan
  3. Melacak arus kas dan pengeluaran
  4. Menangani masalah investasi dan perpajakan
  5. Membuat dan menegakkan kebijakan akuntansi dan keuangan internal
  6. Mengumpulkan dan mengelola data keuangan
  7. Melaporkan kinerja keuangan kepada dewan
  8. Membantu mengembangkan arah strategis perusahaan.

Chief financial officer bertanggung jawab untuk mematuhi peraturan seperti Sarbanes-Oxley Act. Selain itu, mematuhi prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) yang ditetapkan oleh Securities and Exchange Commission (SEC) dan badan pengatur lainnya.

Selain menjadi pemimpin tim untuk departemen dan karyawan lain, CFO juga bertugas untuk berkolaborasi dengan CIO dalam investasi dan strategi teknologi. Dalam beberapa kasus, departemen TI — termasuk CIO — melapor langsung ke Chief financial officer.
Menurut laporan Deloitte, “Empat wajah CFO,” CFO secara tradisional mencakup dua peran — peran pelayan, melestarikan aset organisasi dengan meminimalkan risiko dan mengelola pembukuan dengan sukses, dan peran operator, menjalankan tugas dengan ketat. operasional keuangan yang efisien dan efektif. Peran tersebut awalnya sebagai fungsi yang lebih bersifat back-end dan fidusia, dengan chief financial officer ditugaskan hampir secara eksklusif dengan kontrol kualitas, kepatuhan, dan memproduksi dan menganalisis laporan keuangan.

Namun, penelitian Deloitte menunjukkan peran Chief Financial Officer berkembang. Dengan munculnya ekonomi digital dan perubahan teknologi yang cepat, serta meningkatnya ketidakpastian ekonomi dan pengawasan investor, peran CFO menjadi lebih menghadap ke depan dan ke luar, dengan fokus pada nilai dan peluang bisnis.

Oleh karena itu, selain menjadi pelayan dan operator, saat ini juga harus menjadi ahli strategi, membantu membentuk strategi dan arah perusahaan secara keseluruhan, dan bertindak sebagai katalis, mengembangkan pendekatan dan pola pikir keuangan di seluruh perusahaan untuk membantu segmen bisnis lainnya melakukan lebih baik.

Sumber: TechTarget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *