Daftar Game yang Berhasil Berikan Inovasi Baru (Part 1)

oleh -47 views
Game Inovasi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita sering melihat atau mendengar sebuah video game unik karena tampilan atau judulnya yang aneh atau ngelenyeh. Akan tetapi faktanya, banyak juga video game yang unik karena inovasi yang mereka ciptakan di dalam game-nya. (mrg)

Dan tidak memungkiri, lumayan banyak video game yang inovasi uniknya diterapkan juga di dalam game sejenis lainnya. Bahkan lebih jauhnya, inovasi ini menjadi pakem / standar bagi game-game sejenisnya hingga detik ini.

Berikut adalah daftar game yang berhasil hadirkan inovasi terbaru yang telah diterapkan hingga saat ini. Let’s check this out!

Splatoon

Video game yang memperkenalkan inovasi unik yang sangat influensial hingga detik ini pertama adalah game third person shooter lucu hit, Splatoon.

Dan inovasi unik yang dimaksud di sini adalah terkait pembalikan kelogikaan dari genre game-nya. Maksudnya di sini, pada game third person shooter atau game tembak-tembakan pada umumnya, misi kita harus menembak dan mengalahkan musuhnya.

Memang untuk poin menembak dan mengalahkan masih menjadi tujuan utama Splatoon. Akan tetapi tujuan yang lebih ditekankan, adalah kita harus terus menghindar dari serangan-serangan musuhnya. Lalu kita harus “mengotori” level-nya dengan cipratan senjata tinta warna-warninya itu.

Baca juga : Dr Disrespect Kenalkan Team Developer Game Miliknya

Gran Turismo

Ada alasannya mengapa franchise game balap mobil, Gran Turismo, masih eksis dan melegenda hingga detik ini. Karena seperti tagline-nya, “The Real Driving Simulator”franchise ini memang sukses menampilkan kesan balap mobil sungguhan.

Selain balapnya, kesan realistisnya juga terlihat dan terasa melalui fitur-fitur lainnya seperti tampilan dan spesifikasi mobil serta, tampilan sirkuit-sirkuitnya yang didasari sirkuit yang terdapat di dunia nyata.

Namun terlepas seluruh fitur yang berdasarkan dunia nyata tersebut keren banget, justru adalah fitur tes Surat Izin Mengemudi (SIM) nya lah yang menjadi inovasi unik dari seluruh game GT-nya. Mod tes SIM ini bisa dikatakan belum pernah ada sebelum dirilisnya Gran Turismo (1997).

Pengenalan mode tes SIM ini, sekali lagi merupakan inovasi keren yang super influensial terhadap keseluruhan genre mobil balapnya.

Super Mario 64

Sebenarnya, Crash Bandicoot juga dirilis di bulan dan tahun yang sama (September 1996). Namun seperti yang terlansir dari halaman Wikipedia Super Mario 64game ini justru dirilis lebih awal lagi di Jepang pada tanggal 23 Juni, 1996.

Dengan fakta tersebut, maka tidaklah mengherankan jika Super Mario 64 yang masuk ke daftar ini. Namun kalaupun kita tidak berdasarkan teknis jadwal perilisannya, tetap saja Super Mario 64 yang pertama kali melakukan inovasi transisi platformer dari 2 ke 3 dimensi.

Hal ini terlihat juga melalui keseluruhan tampilan grafis dan gameplay-nya yang mana transisinya masih terlihat kurang begitu halus. Sedangkan Crash Bandicoot di PS1, transisinya sudah terlihat jauh lebih halus sekali.

Namun walau demikian, sekali lagi, tanpa Super Mario 64, transisi petualangan Mario dan juga seluruh genre platformer-nya, tidaklah akan seperti yang kita lihat sekarang ini.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.