Daftar Game yang Berhasil Berikan Inovasi Baru (Part 2)

oleh -15 views
Game inovasi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita sering melihat atau mendengar sebuah video game unik karena tampilan atau judulnya yang aneh atau ngelenyeh. Akan tetapi faktanya, banyak juga video game yang unik karena inovasi yang mereka ciptakan di dalam game-nya. (mrg)

Dan tidak memungkiri, lumayan banyak video game yang inovasi uniknya diterapkan juga di dalam game sejenis lainnya. Bahkan lebih jauhnya, inovasi ini menjadi pakem / standar bagi game-game sejenisnya hingga detik ini.

Berikut adalah daftar game yang berhasil hadirkan inovasi terbaru yang telah diterapkan hingga saat ini. Let’s check this out!

Wii Sports

Sebenarnya game yang melibatkan sensor gerakan kita sudah lama eksis. Salah satu contohnya adalah Dance Dance Revolution yang menggunakan dance pad baik di arcade atau console.

Lalu seperti kita letahui, Microsoft juga sempat mengeluarkan peripheral Kinect. Dan bisa kita katakan kalau dibandingkan Wii Sports pun, sistem Kinect jauh lebih langsung dan canggih. Karena sekali lagi, untuk mengoperasikannya kita langsung menggunakan sensor gerakan tubuh tanpa adanya bantuan pendukung lainnya.

Namun terlepas kecanggihan tersebut, satu hal yang membuat Kinnect masih kalah adalah mereka tidak memiliki konsep lebih matang. Spesifiknya, spesifikasi game yang secara logis bisa dioperasikan dengan sistem itu masih tidak terlalu jelas.

Beda sekali dengan Wii Sports yang mana, sistem sekaligus game-nya, memang jelas-jelas untuk kebutuhan olahraga pemainnya. Selain itu walau dalam memainkannya menggunakan controller, namun controller-nya menyesuaikan pergerakan kita terhadap gerakan olahraganya.

Semisal tangan kita melakukan smash lengkung kiri dalam olahraga tenis, maka karakter yang kita mainkan juga melakukan smash lengkung kiri. Contoh lain adalah olahraga bowling.

Apabila ketika memundurkan lengan kita dengan penuh tenaga dan memajukan lengan dengan sedikit tenaga, maka gelindingan bola bowling-nya juga akan mengikuti kekontrasan tenaga yang kita keluarkan tersebut.

Intinya, Wii Sports memanglah sistem sekaligu game yang sukses merevolusi genre game olahraga hingga detik ini.

Baca juga : RE Village Berhasil Menjadi Game yang Ditamati Terbanyak 2021

Resident Evil 4

Dan inilah video game yang melakukan inovasi unik, keren, dan juga influensial terhadap genre action, shooting, dan juga survival horror.

Sebelum dirilisnya Resident Evil 4 pada tahun 2005, rata-rata game yang ada unsur menembaknya (termasuk game –game RE), hanya mengenal 2 konsep kamera: First Person dan Third Person.

First Person mengacu pada sudut pandang apa yang dilihat dari kedua mata karakternya. Sedangkan third person mengauc pada tampilan seluruh karakter beserta lokasinya. Nah, konsep ini seakan mendapatkan penyegaran keren ketika RE 4 rilis.

Game keempat ini menerapkan pandangan kamera lewat atas samping pundak. Jadi game-nya menyorot Leon S. Kennedy dari sebelah kiri belakang yang menampilkan bagian rambut, pundak, dan sedikit punggung atas Leon.

Dan secara mengejutkan penerapan inovasi ini dianggap sangat revolusioner lagi efektif. Alhasil, tidaklah mengherankan jika dalam beberapa tahu setelahnya, banyak game yang mengikuti konsep sudut pandangnya ini.

Beberapa contoh game tersebut adalah: The Last of Us Part II (2020), Fallout 76 (2018), Star Wars Battlefront II (2017), Nioh (2017), Watch Dogs II (2016), dan masih banyak lagi.

Mortal Kombat

Walau darah dan sadisme juga menjadi hal yang revolusioner dari franchise game tarung karya Ed Boon ini, namun justru adalah 2 aspek inilah yang menjadi revolusi sesungguhnya dari Mortal Kombat.

Jauh sebelum Mortal Kombat, tidak ada game tarung yang menerapkan konsep gerakan akhir pamungkasnya. Kalaupun ada, hanya terlihat biasa saja atau menjadi satu dengan segemen awal dan tengah game-nya.

Namun ketika Mortal Kombat muncul, gerakan pamungkas akhir atau Fatality menjadi inovasi unik dan juga ciri khas dari franchise ini. Dan kerennya, setiap karakter memiliki gerakan pamungkasnya masing-masing yang menjadi bagian dari karakter mereka.

Selain fatalityMortal Kombat mungkin juga menjadi game tarung pertama yang berinovasi dengan cerita (storyline) yang sangat kompleks. Masing-masing karakter memiliki kisah latar yang benar-benar dibuat dengan sedetil mungkin layaknya seperti karakter dalam sebuah film.

Tanpa inovasi yang dilakukan tersebut, bisa dipastikan storyline di game-game seperti: Tekken, Bloody Roar, dan game tarung lainnya, tidak akan sekeren dan semenarik yang seperti kita ketahui itu.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.