Dampak Positif Nostalgia Bagi kesehatan Mental Kamu

oleh -198 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dunia yang semakin terhubung berarti kita sering mengunjungi lebih banyak negara daripada sebelumnya. Bagi saya ketika saya bepergian, saya sering bertemu dengan sahabat dan musuh saya nostalgia. (herdi)

Baca juga: Crab Mentality! Aku Tidak Bisa, Kamu juga Harus Begitu

Emosi pahit yang menenggelamkan kita ke masa lalu lebih cepat daripada yang kita siap untuk dan menyuntikkan perasaan bahagia dan rindu, pada saat yang sama, saat kita mengenang pengalaman masa lalu.

Efek Bersih dari Nostalgia

Dalam eksperimen terkenal yang di sebut Skala Nostalgia Southampton, dampaknya di gambarkan dengan indah. Sebagai “efek bersihnya adalah membuat hidup tampak lebih bermakna dan kematian tidak terlalu menakutkan. Ketika orang berbicara sedih tentang masa lalu, mereka biasanya menjadi lebih optimis dan terinspirasi tentang masa depan.

Efek Universal

Phycologist Southhampton Dr. Sedikides dan Tim Wildschut, menemukan selama studi mereka tentang masa lalu bahwa itu adalah perasaan umum di seluruh dunia, termasuk anak-anak semuda 7 (yang melihat ke belakang dengan penuh kasih pada hari ulang tahun dan hari libur).

Mereka selanjutnya mengidentifikasi bahwa ciri-ciri yang menentukan dari Nostalgia di Inggris juga merupakan ciri-ciri yang menentukan di Amerika Selatan dan Afrika. Topiknya bersifat universal dan semuanya cenderung menampilkan diri sebagai protagonis yang di kelilingi oleh teman dekat.

Manfaat Nostalgia

1.      Empati

Cerita-cerita masa lalu sering kali di bawakan oleh perasaan kesepian tetapi kemudian cenderung berakhir dengan baik karena subjeknya mengenang perasaan dekat dengan suatu tempat dan orang-orang dan merasa nyaman. Dr. Sedikides mengatakan bahwa proses Nostalgia meningkatkan empati kita terhadap orang lain.

2.      Pengurangan stres

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang di terbitkan dalam jurnal Memory, Routledge dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa bernostalgia membantu orang menghubungkan pengalaman masa lalu mereka dengan kehidupan mereka saat ini untuk memperoleh makna hidup yang lebih besar. Hasil dari ini meningkatkan mood dan mengurangi stres.

3.      Kebahagiaan

Ketika kita mengalami nostalgia, kita cenderung merasa lebih bahagia, memiliki harga diri yang lebih tinggi, merasa lebih dekat dengan orang yang di cintai, dan merasa bahwa hidup lebih bermakna. Selain itu, dalam sebuah studi Agustus 2013 yang di terbitkan oleh Personality and Social Psychology Bulletin. Hepper dan rekan-rekannya menunjukkan bahwasannya dapat menghasilkan peningkatan optimisme tentang masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.