Dapatkah Waktu Menyembuhkan Semua Luka?

oleh -55 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika Anda pernah berpikir bahwa yang Anda butuhkan hanyalah beberapa bulan untuk mengatasi sesuatu yang traumatis, percayalah bahwa Anda tidak sendirian. Sebagian besar dari kita pernah ke sana dan memercayai hal yang sama sebelumnya. Lagi pula, klise populer “waktu menyembuhkan semua luka” digunakan oleh banyak orang untuk alasan yang baik.

Tapi apakah itu sepenuhnya benar? Iya dan tidak.

Waktu tentu saja merupakan faktor penting dalam hal penyembuhan. Meskipun mungkin menghilangkan beberapa rasa sakit, kesedihan, atau emosi negatif lainnya yang terkait dengan sebuah pengalaman, waktu sendiri bukanlah penyembuh.

Peran Waktu dalam

Apa sebenarnya peran waktu dalam penyembuhan? Menurut psikolog berlisensi dan pemilik Baltimore Therapy Group Heather Z. Lyons, PhD, waktu pada dasarnya sama dengan kesempatan. Oleh karena itu, bagaimana seseorang sembuh dari waktu ke waktu pada akhirnya tergantung pada bagaimana mereka memutuskan untuk menggunakan kesempatan itu untuk membentuk keadaan mereka sekarang dan masa depan.

Apa yang Dapat Mencegah Menyembuhkan?

Mungkin (dan sangat mungkin) bahwa waktu tidak akan menyembuhkan semua luka karena beberapa alasan. Jadi, apa yang bisa mencegah seseorang dari penyembuhan seiring berjalannya waktu?

Hal-hal berikut ini dapat memperpanjang penyembuhan Anda, meskipun beberapa waktu telah berlalu:

  • Tetap terpaku pada sesuatu, seperti bagaimana perpisahan yang menyakitkan berakhir
  • Menolak melepaskan pengkhianatan dengan menyimpan dendam
  • Penyangkalan bahwa sesuatu telah terjadi
  • Tidak memaafkan diri sendiri atau orang yang bertanggung jawab atas luka atau trauma
  • Tidak memiliki sistem pendukung yang solid atau outlet emosional untuk mengekspresikan emosi Anda

Selain merenungkan, orang dapat menggunakan waktu untuk mendukung keyakinan terbatas yang mereka miliki yang membuat mereka terjebak dalam siklus pengalaman negatif.

Tips untuk Kamu agar Cepat Menyembuhkan (Healing)

Pada dasarnya, bagaimana Anda memanfaatkan waktu Anda secara langsung berkorelasi dengan seberapa baik dan seberapa cepat Anda akan sembuh. Jadi mari kita lihat beberapa faktor yang membantu memfasilitasi proses penyembuhan.

Integrasikan Pelajaran yang Telah Anda Pelajari

Ini bisa berarti membuat karya seni berdasarkan pengalaman Anda, membuat musik, membuat entri jurnal, atau menulis cerita. Pada akhirnya, Anda dapat mengekspresikan rasa sakit Anda dengan cara yang terasa katarsis dan menyembuhkan bagi Anda sehingga tidak tertahan atau berubah menjadi ekspresi yang tidak sehat.

Hargai Emosi Anda

Beri diri Anda rahmat untuk sepenuhnya memproses emosi Anda. Ini sangat penting setelah mengalami situasi traumatis, seperti putus cinta, kematian, atau cedera fisik. Lepaskan penilaian apa pun yang terkait dengan pengalaman itu, dan biarkan diri Anda menerima dan merasakan apa pun yang muncul untuk Anda agar dapat melewatinya.

Terima Dukungan

Lyons mencatat bahwa orang mendapat manfaat dari dukungan sosial. Jadi, habiskan waktu bersama orang-orang yang Anda percayai yang dapat menawarkan dukungan emosional pada saat Anda membutuhkan. Ini bisa menjadi teman, keluarga, atau profesional terlatih, seperti terapis atau pelatih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.