Dunning-Kruger Effect! Mengira Dirinya Paling Superior

oleh -6 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dunning-Kruger effect adalah jenis bias kognitif di mana orang percaya bahwa mereka lebih pintar dan lebih mampu daripada yang sebenarnya. Kombinasi dari kesadaran diri yang buruk dan kemampuan kognitif yang rendah membuat mereka melebih-lebihkan kemampuan mereka sendiri. (herdi)

Overview

Fenomena ini adalah sesuatu yang mungkin Anda alami dalam kehidupan nyata, mungkin di sekitar meja makan pada pertemuan keluarga liburan. Seketika, seorang anggota keluarga besar Anda mulai berbicara panjang lebar tentang suatu topik, dengan berani menyatakan bahwa dia benar dan bahwa pendapat orang lain benar-benar salah.

Mungkin jelas bagi semua orang di ruangan itu bahwa orang ini tidak tahu apa yang mereka bicarakan, namun mereka terus mengoceh, tanpa sadar akan ketidaktahuan mereka sendiri.

Penyebab Dunning-Kruger effect

Dunning telah menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi ahli dalam suatu tugas adalah kualitas yang sama persis yang dibutuhkan seseorang untuk mengenali bahwa mereka tidak pandai dalam tugas itu.

Ketidakmampuan untuk Mengenali Kurangnya Keterampilan dan Kesalahan

Dunning menyarankan bahwa defisit dalam keterampilan dan keahlian menciptakan masalah bercabang dua. Pertama, defisit ini menyebabkan orang berkinerja buruk dalam domain di mana mereka tidak kompeten. Kedua, pengetahuan mereka yang salah dan kurang membuat mereka tidak dapat mengenali kesalahan mereka.

Kurangnya Metakognisi

Dunning-Kruger effect juga terkait dengan kesulitan dengan metakognisi, atau kemampuan untuk mundur dan melihat perilaku dan kemampuan diri sendiri dari luar diri sendiri. Orang seringkali hanya mampu mengevaluasi diri mereka sendiri dari sudut pandang mereka sendiri yang terbatas dan sangat subjektif.

Sedikit Pengetahuan Dapat Menyebabkan Terlalu Percaya Diri

Faktor lain yang berkontribusi adalah bahwa kadang-kadang sedikit pengetahuan tentang suatu subjek dapat membuat orang secara keliru percaya bahwa mereka tahu semua yang perlu diketahui tentangnya.

Seperti kata pepatah lama, sedikit pengetahuan bisa menjadi hal yang berbahaya. Seseorang mungkin memiliki sedikit kesadaran tentang suatu subjek, namun berkat Dunning-Kruger effect, percaya bahwa dia adalah seorang ahli.

Siapa yang Terkena Dunning-Kruger effect

Kenyataannya adalah bahwa setiap orang rentan terhadap fenomena ini. Dan pada kenyataannya, kebanyakan dari kita mungkin mengalaminya dengan keteraturan yang mengejutkan. Orang yang benar-benar ahli dalam satu bidang mungkin secara keliru percaya bahwa kecerdasan dan pengetahuan mereka terbawa ke bidang lain yang kurang mereka kenal.

Adakah Cara Mengatasi Dunning-Kruger effect?

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penilaian yang lebih realistis tentang kemampuan Anda sendiri di bidang tertentu jika Anda tidak yakin dapat memercayai penilaian diri Anda sendiri?

  • Terus belajar dan berlatih. Alih-alih berasumsi Anda tahu semua yang perlu diketahui tentang suatu subjek, teruslah menggali lebih dalam.
  • Tanyakan kepada orang lain bagaimana kabar Anda. Strategi lain yang efektif melibatkan meminta orang lain untuk kritik yang membangun.
  • Tanyakan apa yang Anda ketahui. Bahkan saat Anda belajar lebih banyak dan mendapatkan umpan balik. Mungkin mudah untuk hanya memperhatikan hal-hal yang mengonfirmasi apa yang Anda pikir sudah Anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.