FAKTA KOTA BEKASI

oleh -83 views
Photo by <a href="https://unsplash.com/@fauzanazhima?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Fauzan</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/bekasi?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

Pernahkah mendengar soal “Planet Bekasi” ? Yup, mungkin itulah julukan yang sering dipakai sebagian orang karena menganggap kota Patriot ini ‘berbeda’ dengan kota-kota lain di sekitar Jakarta. Tapi, nyatanya nggak seperti itu, lho. Ada beberapa fakta menarik tentang Bekasi yang banyak orang belum tahu.

Tidak hanya dikelilingi mal dan pusat perbelanjaan lain, Bekasi juga punya segudang keunikan sendiri. Bekasi sendiri menjadi kota yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Sebagai kota penyangga, Bekasi banyak dilirik oleh kaum urban karena perkembangannya yang begitu pesat. Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang Bekasi yang wajib kalian tahu.

Punya Banyak Kawasan Industri

Fakta pertama adalah Bekasi memiliki banyak kawasan industri yang tersebar di berbagai sudut kota. Baik Kota Bekasi maupun Kabupaten Bekasi sama-sama memiliki kawasan industri. Di Kabupaten Bekasi sendiri terdapat beberapa pabrik dari berbagai perusahaan multinasional dan internasional yang berkumpul dalam sebuah kawasan seperti Jababeka, Ejip, Lippo Cikarang, dan Sinar Mas Land.

Semua kawasan dibangun dengan konsep industrial estate dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan modern. Beberapa fasilitas diantaranya hotel, mall, hingga sekolah bertaraf internasional.

Punya Stadion Megah

Tidak mau kalah dengan Gelora Bung Karno atau Pakansari di Cibinong, Bekasi juga memiliki stadion an megah yakni Stadion Patriot Chandrabhaga. Stadion ini sanggup menampung kurang lebih 30 ribu orang penonton. Kapasitas stadion tersebut tergolong cukup besar dibanding stadion di kota-kota sekitar Jakarta lainnya.

Baca juga : Fakta kota Bandung

Punya Monorel

Untuk penghubung antara kawasan satu dengan lain, Bekasi pun merencanakan pembangunan monorel. Keberadaan Monorel tidak kalah dengan pembangunan MRT di Jakarta. Jalur monorel sendiri nantinya juga akan menghubungkan wilayah Jakarta-Bekasi. Beberapa kawasan akan dilalui monorel ini diantaranya Lippo Cikarang, Deltamas, dan Jababeka.

Punya Satwa Unik

Tidak perlu jauh-jauh ke daerah lain untuk melihat satwa unik karena Bekasi juga menjadi habitat satwa tersebut. Yup, Bekasi memiliki satwa unik yakni Lutung Jawa. Lutung Jawa diketahui keberadaannya di pesisir Kecamatan Muara Gembong. Sayangnya, satwa ini terancam punah karena totalnya yang terus berkurang. Dari informasi yang beredar, Lutung Jawa di Bekasi kini hanya tersisa kurang lebih 100 ekor.

Bahasa yang Unik

Fakta menarik lain tentang Bekasi adalah penggunaan bahasa. Bekasi memiliki campuran bahasa antara Sunda dan Betawi. Tidak heran mengapa terdapat campuran kedua bahasa tersebut karena umumnya penduduk Bekasi berasal dari suku Betawi dan Sunda. Kedekatan lokasinya dengan Jakarta dan beberapa daerah di sekitar turut menghadirkan campuran kedua bahasa tersebut.

Source : grandkamala.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.