Fakta Menarik Tentang Indonesia

oleh -82 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/background'>Background photo created by www.slon.pics - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Negara Indonesia adalah negara yang begitu indah dengan keunikan dan keberagamannya. Bukan hanya dari keberagamannya saja ternyata Indonesia memiliki beberapa fakta menarik untuk kita bahas loh sobat zetizen.

Apa sajakah itu fakta-fakta di balik negara yang di kenal dengan negri Nusantara ini yang dapat kita bahas. Coba kalian perhatikan beberapa penjelasan berikut.

Cincin Api Dunia

Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di wilayah nusantara ini.

Candi Terbesar di Dunia

Berikutnya adalah candi terbesar yang ada di dunia. Bukan di Thailand melainkan candi terbesar berasal dari Indonesia. Yap, candi Borobudur adalah candi terbesar di dunia  dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

Kopi Termahal

Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Dan kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak. Brazil boleh menjadi negara penghasil kopi terbesar sementara Negara kita berada  di posisi ketiga, tetapi kopi luwak kopi yang dihasilkan bersama kotoran oleh musang ini asli berasal dari Indonesia. Walaupun mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari terutama oleh penikmat kopi.

Indonesia Negara Kepulauan Terbesar

Indonesia adalah negara yang memiliki wilayah yang cukup luas yang di pisahkan oleh pulau-pulau. Hal inilah yang menyebabkan  menjadikan Negara kita sebagai negara kepulauan terbesar. Terdapat 17.504 pulau di mana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di negara kita, yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain sebagai negara kepulauan, negara kita juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Negri nusantara ini mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia

Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia menurut Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021.

Faktor terbesar yang mendorong masyarakat Indonesia menyumbangkan uangnya karena didorong kewajiban berzakat. Dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa pembayaran Zakat secara global sangat tinggi pada 2020.

Di Indonesia, ada seruan dari otoritas agama agar masyarakat berzakat sebagai upaya membantu orang-orang yang mengalami kemerosotan ekonomi akibat pandemi.

Fakta-fakta di atas merupakan sebuah kenyataan yang sangat layak untuk kita banggakan. Mari kita doakan agar negara kita ke depannya dapat meraih lebih banyak lagi prestasi-prestasi yang membuat negara kita ini semakin dikenal di mata dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *