,

Fakta Unik Quokka Sang Hewan Paling Bahagia di Dunia

oleh -131 views

Zetizen Radar Cirebon – Percaya tidak? Ternyata ada lho hewan yang paling bahagia di dunia, ia adalah Quokka. Hewan yang satu ini selalu tersenyum dengan manis! Namun sayangnya, ia merupakan spesies rentan yang terancam punah. Untuk itu, mari kita simak fakta unik Quokka berikut ini! (Susan)

• Asal Usul Quokka

Quokka pertama kali tertemukan oleh seorang pengembara pencari pulau-pulau tersembunyi asal Eropa bernama Williem De Vlamingh. Mulanya Williem mengganggap hewan ini sebagai tikus besar.

• Rentan Terancam Punah

Merupakan hewan nokturnal dengan nama ilmiah Setonix brachyurus. Hewan ini berukuran kecil dengan ukurannya yang seperti kucing peliharaan. Siapa sangka? Rupanya hewan ini merupakan kategori hewan yang terancam punah, lho! Sayang sekali ya! Sudah sepantasnya sebagai manusia yang baik kita melindungi serta menyayangi hewan-hewan.

• Tinggal di Australia Barat

Quokka tinggal di Pulau Rotnest yang jaraknya 19 kilometer dari Kota Fremantle, Australia Barat.

• Ramah pada Manusia

Source by pinterest

Tak seperti kebanyakan hewan lainnya, Quokka tampak ramah dengan kehadiran manusia. Ia bahkan tak memiliki rasa takut apabila manusia hadir di sekelilingnya. Itu sebabnya, banyak beredar foto yang menunjukkan manusia tengah berswafoto dengan makhluk mungil tersebut.

• Aturan tentang Quokka

Di negara Australia, terdapat aturan khusus yang wajib untuk kita perhatikan. Pasalnya aturan tersebut berlaku demi kelangsungan hidup Quokka sendiri. Inti sari dari aturan tersebut ialah, bahwa siapapun yang ketahuan menyentuh atau memberi makan kepada Quokka akan terkena denda hingga sekitar Rp. 4,2 juta rupiah. Aturan tersebut berlaku karena hewan ini sangat sensitif terhadap sentuhan, bau, dan juga makanan. Selain itu, tidak ada yang boleh memelihara hewan ini. Karena hewan tersebut yang berstatus terancam punah.

• Kantung di Perut

Siapa sangka? Rupanya Quokka mirip dengan kanguru sang mamalia yang memiliki kantung di perut. Sebagaimana ketika kita melihat fungsi dari kantung pada kanguru, rupanya fungsi kantung pada hewan ini pun sama. Yakni untuk menyimpan anak mereka dan melindunginya dalam kantung tersebut.

• Hewan Herbivora & Nokturnal

Source by pinterest

Merupakan hewan herbivora pemakan tumbuhan yang mencari makanan di malam hari, oleh sebab itu ia merupakan hewan nokturnal. Ia biasanya memakan dedaunan, kulit pohon, maupun rerumputan.

Nah, itu tadi beberapa fakta unik tentang hewan paling bahagia di dunia yang terangkum khusus untukmu! Tetap sayangi, lindungi, dan lestarikan lingkungan ya, Sobat! Dengan begitu kamupun ikut melindungi alam dan makhluk lainnya.

Baca juga : Memaafkan Tanpa Melupakannya! Berikut 4 Alasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.