Haphephobia! Ketakutan akan Sentuhan

oleh -50 views

Zetizen Radar Cirebon – Haphephobia, merupakan fobia atau ketakutan yang intens dan irasional apabila mendapat sentuhan dari seseorang. Orang yang mengalami Haphephobia memiliki kecemasan yang berlebih pada setiap sentuhan. Fobia ini masuk ke dalam kelas fobia spesifik, yang membuat seseorang menjadi takut pada suatu objek atau situasi tertentu. (Susan)

• Gejala

Gejala khas yang muncul pada pengidap fobia Haphephobia ini yakni merasa cemas, tidak nyaman, berkeringat dingin, pusing, mual, detak jantung berdegup kencang, napas menjadi cepat, sesak napas, atau bahkan mengalami serangan panik ketika ia mendapat sentuhan dari orang lain. Dalam hal yang berkelanjutan, fobia ini menyebabkan pengidapnya memiliki reaksi seperti menangis, bergemetar, lari ketakutan, atau malah tubuh kaku saking takutnya.

• Penyebab

Penyebab fobia kelas spesifik seperti Haphephobia ini, sampai saat ini belum di ketahui secara pasti. Akan tetapi, beberapa faktor yang dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami fobia ini yakni seperti :

  • Memiliki riwayat Haphephobia dalam keluarga.
  • Mengalami peristiwa traumatis yang berkaitan dengan sentuhan.
  • Menderita gangguan fungsi otak akibat cedera atau penuaan.
  • Menderita gangguan mental tertentu, seperti gangguan kecemasan sosial atau fobia terhadap kuman.

Baca juga : Androphobia! Takut akan Laki-laki

• Penggolongan

Source by phobia fandom

Seseorang baru dapat tergolong menderita fobia Haphephobia saat ia telah mengalami gejala tersebut paling tidak selama 6 bulan. Gejala yang muncul bisa berbeda-beda pada setiap orangnya, tergantung dari tingkat keparahan fobia yang dialami.

Gejala fobia Haphephobia bisa muncul pada usia berapa saja, tapi lebih umum terjadi ketika masa remaja dan dewasa. Pada masa kanak-kanak, fobia ini kerap kali tidak terdeteksi keberadaannya. Namun, tidak perlu terlalu mengkhawatirkan fobia ini. Karena biasanya fobia Haphephobia akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia dan pola pikir yang lebih rasional.

• Cara Mengatasi

Fobia ini akan mendapat penanganan sebagai bentuk mengatasi ketakutan tersebut, dengan cara :

  • Psikoterapi

Dengan adanya konseling dengan dokter maupun psikolog maka penyebab munculnya fobia tersebut akan segera terungkap dan akan ada tindakan lebih lanjut lagi dari dokter ataupun psikolog. Seperti halnya mengubah pola pikir penderita fobia, bahwa sentuhan bukanlah sesuatu hal yang menakutkan. Teknik psikoterapi yang psikolog ataupun dokter pakai yakni terapi perilaku kognitif.

  • Pemberian Obat-obatan

Selain mengalami gangguan ketakutan berlebih, penderita fobia rentan dengan gangguan mental lainnya. Seperti depresi dan gangguan kecemasan. Oleh sebab itu, untuk mengurangi kecemasan berlebih dan depresi dokter akan memberikan obat penenang atau antidepresan.

  • Teknik Relaksasi

Ketika penderita fobia Haphephobia terkena sentuhan, maka ketika takut dan panik penderita ini dapat melakukan teknik relaksasi sendiri. Dengan cara menghirup napas dalam-dalam lalu mengembuskannya lewat mulut secara perlahan. Ulangi teknik tersebut dengan ritme yang sama selama 3 sampai 5 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.