Ini 5 Kelebihan yang Hanya Dimiliki Para Overthinker!

oleh -63 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memiliki sifat overthinking memang bukan merupakan hal yang menyenangkan. Sifat tersebut kerap menyusahkan hidup kita karena seringkali memikirkan sesuatu secara berlebihan. Akibatnnya, kita sering mengalami sulit tidur saat malam, pikiran merasa terganggu saat sedang mengerjakan suatu hal, dan lain sebagainya. (az)

Namun, segala sesuatu akan terasa berbeda ketika dilihat dari berbagai sudut pandang. Begitu juga dengan sifat overthinking. Selain memiliki sisi negatif, ia juga memiliki sisi positif yang menjadi sebuah kelebihan tersendiri.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang hanya dimiliki oleh para overthinker.

1. Tidak gegabah

Seorang overthinker memang sudah terbiasa memikirkan sesuatu secara menyeluruh. Bahkan, dia bisa memikirkan sesuatu yang sama sekali tak terpikirkan oleh orang lain.

Ketika dia dihadapkan pada sebuah masalah yang mengharuskannya untuk mengambil keputusan, mereka tak akan tergesa-gesa dan gegabah. Justru, mereka akan menimbang-nimbang secara matang apakah keputusan yang akan diambil cukup baik dan memiliki risiko kecil, atau sebaliknya.

Seorang dengan sifat overthinking tak mungkin hanya membayangkan sesuatu yang indah saja, namun dia juga akan memikirkan dampak negatif yang mungkin akan terjadi.

2. Kritis dalam melihat suatu masalah

Jika terdapat kasus yang tak biasa, mungkin beberapa orang akan memilih untuk menjadi penonton dan men-judge perlakuan buruk si pembuat masalah. Namun, hal tersebut tak akan dilakukan oleh si overthinker. Dia akan memikirkan hal apa yang melatarbelakangi terjadinya masalah tersebut. 

Hal ini juga berlaku saat si overthinker menghadapi masalah di hidupnnya. Tak ingin berlarut-larut di kubangan masalah, dia memilih untuk berpikir apa penyebab dari permasalahan tersebut dan bagaimana cara menyelesaikannya.

3. Lebih peka terhadap lingkungannya

Seorang dengan sifat overthinking memang senang memikirkan hal-hal di luar jangkauannya. Jika yang tak terlihat saja dipikirkan, apalagi yang jelas terlihat di depan mata. Dia selalu mengamati tentang perilaku orang-orang di sekitarnya dan hal tersebut membuat si overthinker dapat dengan mudah mendeteksi perubahan sekecil apapun, bahkan yang tak disadari orang lain. 

Saat memiliki seorang teman overthinker, kamu tak akan bisa menutupi masalah yang sedang menimpamu. Meski kamu berusaha untuk menyembunyikannya, dia tetap menyadari ada sesuatu yang berbeda darimu. 

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Overthinking Untukmu!

4. Melihat peluang lebih besar

Para overthinker memang memiliki kebiasaan berpikir hal-hal random yang tak terduga. Melalui pemikiran inilah, mereka seringkali melihat peluang baru yang belum terpikirkan oleh orang lain. 

Jika kamu adalah seorang yang suka berbisnis, memiliki teman overthinker dapat membantumu, lho. Mereka biasanya memiliki segudang ide baru yang berasal dari masalah-masalah yang selama ini dilihatnya. 

5. Berorientasi pada masa depan

Seorang overthinker bukan tipe pribadi yang hanya menikmati dan memikirkan hidup pada hari ini saja. Dia adalah seorang dengan pemikiran luas dan berorientasi jauh ke depan. 

Tentunya, hal ini sangat berdampak pada masa depannya. Karena terlalu sering memikirkan masa depan, dia akan mempersiapkan segalanya. Ia tak mungkin menghabiskan uangnya hari ini, karena seorang overthinker sangat memikirkan masa depannya. Selain itu, dia juga memanfaatkan waktunya dengan baik yakni dengan bekerja dan meningkatkan kualitas diri demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 

Demikian beberapa kelebihan dari para overthinker yang belum tentu dimiliki orang lain. Jika kamu salah satunya, tak perlu khawatir. Sifat overthinking akan memberi banyak keuntungan di hidupmu jika digunakan dengan baik dan sesuai tempatnya.

Sumber: idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.