Ini 5 Tips Seru Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan!

oleh -100 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kalian semua pasti tahu kan bahwa Bahasa Inggris itu adalah salah satu bahasa yang biasa dipakai secara luas di kalangan  internasional. Dijamin  deh, kalian akan punya banyak sekali keuntungan bila bisa bahasa yang satu ini. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kalian akan mudah memahami banyak ilmu dari berbagai sumber dan mendapatkan kesempatan lebih luas untuk bekerja di berbagai bidang. Nah, kira-kira bagaimana ya cara belajar Bahasa Inggris dengan seru? (az)

Saat ini kita termasuk beruntung lahir di era di mana komunikasi dan teknologi sangat maju. Kita bisa dengan mudah mengakses berbagai teknologi dan media menarik yang bisa memperkaya pengetahuan dan mengasah kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung aja simak 5 tips jitu belajar Bahasa Inggris anti bosan.

1. Bermain Game

Percaya atau tidak, game adalah sumber vocabulary yang sangat mumpuni. Kalau kita hanya bergantung pada percakapan sehari-hari untuk memperkaya kosakata kita, tentu kata-kata yang kita pakai terbatas. Apalagi kalau kita tidak punya banyak teman untuk berbicara Bahasa Inggris.

Nah sekarang bayangin aja, gue dari SD sampai sekarang itu udah main banyak banget game yang berbeda, seperti Age of Empire, Cooking Mama, Dishonored, Fables, Fall Out, Mobile Legends,Pokèmon, Harvest Moon,  Titan Quest, Ragnarok Online, Spore, The Legend of Zelda, The Sims, PUBG, dan masih ratusan lagi kalau disebut satu-satu. Hampir semua game yang gue mainkan itu berbahasa Inggris.

Nah, ketika gue main Harvest Moon, gue jadi hafal tuh semua hewan ternak, nama-nama sayur dan buah, dan alat-alat pertanian. Sedangkan saat bermain The Sims, gue jadi hafal banget kosakata pekerjaan, nama-nama furnitur, dan berbagai benda yang ada di Bumi ini. Ketika gue main Ragnarok Online, gue jadi tau nama-nama benda yang dipakai ketika kita berperang dan  gue jadi punya teman dari negara lain yang secara otomatis mendorong gue buat berbahasa Inggris. Wah, gue menikmati banget belajar Bahasa Inggris sambil main game. Bahkan, rasanya gue nggak belajar, tapi setelah main game udah hafal dan tau semua kosakata baru. Gimana? Kalian punya pengalaman seperti ini nggak?

2. Mendengarkan Lagu

Siapa penyanyi favorit kalian? Kalau gue sih, suka banget sama Ariana Grande. Gue selalu dengerin lagu-lagu dia dan secara nggak langsung gue jadi melatih pendengaran dan pengucapan gue ketika gue ikut nyanyi. Ketika gue dengerin lagu Bahasa Inggris, gue jadi tahu pengucapan Bahasa Inggris yang tepat dan pastinya, gue sangat menikmati momen itu. 

3. Membaca Bacaan

Jujur aja deh, ngga semua orang suka baca buku. Tapi, sebenarnya membaca buku adalah salah satu cara terbaik buat belajar Bahasa Inggris. Ketika kita baca buku novel, kita dibawa ke dunia yang ada di dalam novel tersebut. Kita jadi tahu banyak kosakata dan juga tata bahasa Bahasa Inggris yang sesuai dengan situasi yang ada di cerita novel tersebut. Jadi, kalau kalian emang suka baca buku baik fiksi maupun nonfiksi, kalian punya kelebihan yang sangat menguntungkan lho.

4. Menonton Video

Apabila kalian suka nonton film atau series, besar kemungkinannya kalian nonton film atau series Barat. Apakah kalian masih bergantung dengan subtitle Bahasa Indonesia? Nggak masalah kok, gue pun juga dulu awalnya wajib pakai subtitle Bahasa Indonesia. Namun lama-lama gue cukup terbiasa mendengarkan perkataan para aktor dalam Bahasa Inggris dan mulai bisa mengerti perkataan mereka. Akhirnya gue mulai mengganti subtitle menjadi Bahasa Inggris. Mungkin kalian bertanya-tanya: kalau emang bisa Bahasa Inggris, kenapa masih pakai subtitle?

Baca juga: Tips Buat Kamu yang Bingung Milih Jurusan, Gimana sih?

Awalnya gue masih pakai subtitle Bahasa Inggris karena terkadang pengucapan para aktor di film tertentu agak cepat dan memiliki aksen yang tidak biasa. Namun, ternyata setelah gue masuk ke Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dosen gue memberi tahu bahwa sebenarnya menggunakan subtitle Bahasa Inggris itu ada keuntungan tersendiri lho. Dengan menggunakan subtitle Bahasa Inggris, kita jadi tahu bagaimana spelling atau penulisan Bahasa Inggris yang benar sambil juga mendengarkan pengucapan yang tepat.

5. Menjelajahi Media Sosial

Coba sekarang kalian pikirkan jawaban pertanyaan ini: apa hal yang kalian sukai? Nah, apapun jawaban kalian, mau itu adalah suatu hobi, organisasi, makanan, atau mungkin seseorang, kalian bisa menemukan itu semua di media sosial. Kalian bisa memanfaatkan media sosial untuk belajar Bahasa Inggris sesuai dengan minat kalian.

Misalnya, kalian sangat suka memasak. Kalian bisa nih mencari akun instagram yang memiliki konten tentang resep-resep makanan dan juga tips memasak yang baik dalam Bahasa Inggris. Jadi, selain memberikan kalian informasi tentang hal yang kalian senangi, kalian juga bisa belajar Bahasa Inggris. Apabila ternyata ada kosakata baru yang tidak ketahui saat melihat resep tersebut, kalian bisa coba-coba menebak arti kosakata tersebut berdasarkan gambar dan konteks yang ada. Lalu, coba kalian pastikan apakah tebakan kalian benar melalui kamus atau bertanya kepada orang lain.

Source by Zenius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.