Daftar Istilah dan Bahasa Jaksel yang IMO Cukup Penting Sih, CMIIW

oleh -156 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selain mengenal bahasa daerah, orang Indonesia mengenal bahasa Jaksel. Sebuah bahasa kebanggaan gen Z yang lahir di Jakarta Selatan. (RF17)

Kalau film The Gods Must Be Crazy punya bahasa Jul’hoan yang unik dan kayak ada ketukannya itu, kita harusnya bangga karena punya aset serupa. Bahasa Jaksel adalah sebuah fenomena sosial paling greget yang diciptakan anak muda overwhelm tapi underpaid. Nah, kan belum-belum saya sudah ketularan.

Sebelum benar-benar main ke Jakarta Selatan, ada baiknya kamu hafalkan dulu istilah-istilah di bawah ini.

IMO 

IMO adalah singkatan dari in my opinion dan bahasa Jaksel ini sangat ampuh digunakan saat sedang debat online. Pokoknya nyerocos aja sampai cepirit lalu tambahkan kata sakti ini. Niscaya argumen Anda mungkin akan dimaklumi walau jelek saja belum.

Contoh penggunaan:

“Kita nggak bisa selamanya menyalahkan imajinasi cowoklah. Namanya juga lihat cewek pakai hot pants, pasti tergiur. IMO aja sih, harusnya cewek jangan pakai baju seksi, baiknya mereka pakai kostum badut Vivo aja.”

FOMO

FOMO adalah singkatan dari fear of missing out. Istilah ini cukup ilmiah aslinya, tapi jadi semakin lazim dipakai dalam percakapan konyol anak muda zaman sekarang.

“Aduh FOMO banget gue, TBL tuh artinya ‘takut banget loh’? Ya ampun baru tau gue.”

Gaslighting

Gaslighting adalah upaya manipulasi dari satu pihak dengan memberikan pendapat dan pandangan ngawur yang cenderung memaksa. Tapi, anak zaman sekarang kayaknya banyak banget yang jadi korban gaslighting. Sedikit-sedikit bikin thread gaslighting di Twitter. 

Overwhelm, overwork, overreact, overthinking, dan over-over lainnya

Over itu artinya berlebihan. Cukup sampai sini saja, seharusnya kamu sudah hampir menguasai setengah bahasa jaksel. Overwhelm itu berlebihan, meluap-luap. Overwork itu kebanyakan kerja. Overreact itu reaksinya berlebihan.Overthinking itu kebanyakan pikiran .

CMIIW

CMIIW adalah singkatan dari correct me if I’m wrong yang biasa jadi istilah ajaib saat seseorang mencoba sok tahu dan sok paling ngerti. “Si Anya nih katanya suka babi guling ya? CMIIW sih.” Saya juga nggak tahu kenapa anak Jaksel sering menyampaikan sesuatu yang bahkan mereka sendiri ragu-ragu.

Source : Mojok.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *