Kebiasaan baru Sulit Diterima? Ini Cara Membentuknya

oleh -52 views
kebiasaan baru
source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita semua adalah makhluk kebiasaan. Kita cenderung bangun pada waktu yang sama setiap hari, menyikat gigi, minum kopi pagi dan berangkat kerja, mengikuti pola yang sama setiap hari. Jadi mengapa begitu sulit untuk membentuk kebiasaan baru yang sehat? (herdi)

Ilmuwan perilaku yang mempelajari pembentukan kebiasaan mengatakan bahwa banyak dari kita mencoba menciptakan kebiasaan sehat dengan cara yang salah. Kami membuat resolusi berani untuk mulai berolahraga atau menurunkan berat badan, misalnya, tanpa mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyiapkan diri kami untuk sukses.

Berikut adalah beberapa tips, yang didukung oleh penelitian, untuk membentuk kebiasaan baru yang sehat.

1.      Tumpuk kebiasaan Anda

Cara terbaik untuk membentuk kebiasaan baru adalah dengan mengikatnya pada kebiasaan yang sudah ada, kata para ahli. Cari pola di hari Kamu dan pikirkan bagaimana Kamu dapat menggunakan kebiasaan yang ada untuk menciptakan kebiasaan baru yang positif.

Bagi banyak dari kita, rutinitas pagi kita adalah rutinitas terkuat kita, jadi itu adalah tempat yang bagus untuk menumpuk kebiasaan baru. Secangkir kopi pagi, misalnya, dapat menciptakan peluang besar untuk memulai latihan meditasi satu menit yang baru. Atau, saat Kamu menyikat gigi, Kamu dapat memilih untuk melakukan squat atau berdiri dengan satu kaki untuk melatih keseimbangan.

2.      Mulai dari yang kecil

B.J. Fogg, seorang peneliti Universitas Stanford dan penulis buku “Tiny Habits”, mencatat bahwa perubahan perilaku yang besar membutuhkan motivasi tingkat tinggi yang seringkali tidak dapat dipertahankan. Dia menyarankan mulai dengan kebiasaan kecil untuk membuat kebiasaan baru semudah mungkin di awal. Berjalan kaki singkat setiap hari, misalnya, bisa menjadi awal dari kebiasaan berolahraga. Atau, memasukkan apel ke dalam tas Kamu setiap hari dapat menyebabkan kebiasaan makan yang lebih baik.

3.      Lakukan setiap hari

Peneliti Inggris mempelajari bagaimana orang membentuk kebiasaan di dunia nyata, meminta peserta untuk memilih kebiasaan sederhana yang ingin mereka bentuk, seperti minum air saat makan siang atau berjalan-jalan sebelum makan malam. Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology, menunjukkan bahwa jumlah waktu yang dibutuhkan agar tugas menjadi otomatis – kebiasaan – berkisar antara 18 hingga 254 hari. Waktu rata-rata adalah 66 hari!

4.      Buat itu mudah

Peneliti kebiasaan tahu bahwa kita lebih mungkin untuk membentuk kebiasaan baru ketika kita menyingkirkan rintangan yang menghalangi jalan kita. Mengemas tas olahraga Kamu dan meninggalkannya di dekat pintu adalah salah satu contohnya. Wendy Wood, seorang psikolog penelitian di University of Southern California, mengatakan bahwa dia mulai tidur dengan pakaian larinya untuk membuatnya lebih mudah bangun dari tempat tidur di pagi hari, memakai sepatu larinya, dan berlari.

5.      Beri self reward

Hadiah adalah bagian penting dari pembentukan kebiasaan. Saat kita menyikat gigi, hadiahnya langsung terasa mulut segar yang segar. Tetapi beberapa penghargaan – seperti penurunan berat badan atau perubahan fisik dari olahraga membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul. Itulah mengapa membantu untuk membangun beberapa hadiah langsung untuk membantu Kamu membentuk kebiasaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.