Kecombrang, Bunga Rempah Yang Berkhasiat

oleh -32 views
Kecombrang yang sudah siap digunakan sebgai bahan bumbu masakan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kecombrang merupakan sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga dari keluarga Zingiberaceae. Tanaman yang satu ini diambil bunga, buah, dan bijinya saja. Namun tahukah sobat, jika rempah berbentuk bunga ini ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan. Mau tahu? Yuk lets check it out! (tezz)

Memiliki nama latin Etlingera elatior, kecombrang memiliki aroma yang sangat tajam dan harum jika dimasukan kedalam sebuah masakan, maka tak heran rempah berbentuk rempah yang satu ini sangat mahal  di pasaran. Dan sering di jadikan bumbu masakan daerah Jawa.

Selain menjadi bumbu masak, bungannya bisa dijadikan sebagai penghias taman, halaman atau ruangan tamu ini memiliki bentuk, warna dan aroma yang memberi efek relaksasi. Kecombrang memiliki nama sebutan lain, seperti kantan atau honje.

Banyak Sebutannya

Bunga kecombrang adalah tumbuhan asli asal Indonesia.Tanaman semak ini hampir dapat ditemukan diseluruh wilayah di Indonesia dengan beragam nama. Beberapa daerah di Indonesia mengenal bunga kecombrang dengan berbagai nama lokal diantaranya :

  • Bunga Rias diTapanuli Utara
  • Sambuang di Minangkabau
  • Kincung di Medan
  • Lucu di Banyuwangi
  • Kumbang Sekala di Lampung
  • Kecicang di Bali

Kecombrang Secara Morfologi

Bunga tunggal ini  tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter, memiliki pelepah tegak seperti batang semu seperti pisang, membentuk rimpang, dan berwarna hijau. Daun Kekonbran berdaun tunggal, berbentuk tombak, runcing di ujung dan pangkal, tetapi rata, panjang  sekitar 20-30 cm, lebar 5-15 cm, dengan urat menyirip dan berwarna hijau.

Daunnya merupakan daun tunggal, lanset, pada ujung dan pangkal runcing namun rata, panjang daun sekitar 20 sampai 30 cm dan lebarnya 5 hingga 15 cm dengan pertulangan daun menyirip dan berwarna hijau. Umumnya daun kecombrang berjumlah 15 hingga 30 helai yang tersusun dalam dua baris, tumbuh berseling pada batang semu.

Baca juga : Wasabi, Kubis Jepang Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Bunganya merupakan bunga majemuk berbentuk bonggol, berbentuk gasing dengan panjang tangkai antara 40 sampai 80 cm. Panjang benang sari sekitar 7,5 cm dengan warna kuning. Putik kecombrang berukuran kecil dan berwarna putih. Mahkota bunga bertaju, berbulu jarang dengan warna merah jambu.

Tumbuhan ini menghasilkan biji berbentuk kotak atau bulat telur dengan warna putih atau merah jambu. Buahnya berukuran kecil, tumbuh berjejalan, berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi merah kecokelatan saat masak serta rasanya masam. Sedangkan sistem perakaran kecombrang berbentuk serabut dengan warna kuning gelap.

Manfaat Kecombrang

Mencegah rusaknya sel tubuh

Sebuah studi 2011 yang di terbitkan dalam jurnal BMC Research Notes bertujuan untuk mengetahui kandungan antioksidan bunga ini. Hal ini untuk membuktikan kebenaran bunganya  yang sangat kaya akan senyawa antioksidan.

Akibatnya, aktivitas antioksidan Kecombrang sebenarnya sangat kuat. Tidak hanya bunganya, tetapi juga batang, rimpang dan daun tanaman kekonbran sangat kaya akan antioksidan.

Memperlambat tumbuhnya bakteri

Tanaman kecombrang juga memiliki aktivitas antibakteri yang penting dalam merespon gejala penyakit yang di sebabkan oleh mikroorganisme patogen.

Berdasarkan studi tahun 2016 oleh Fakultas Pertanian Universitas Liau, ekstrak batang tanaman inimengandung zat antibakteri yang merangsang pertumbuhan berbagai bakteri seperti Bacillus cereus, Escherichia coli, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus.

Memberikan aroma segar

Sama halnya seperti daun kemangi dan daun mint, aroma segar kecombrang di percaya bisa menghilangkan bau mulut dan bau badan. Walaupun begitu, hal ini perlu pengujian klinis lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya ini.

Sumber : hellosehat.com & angrotek.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.