Kenali Perbedaan Resensi, Resume dan Review

oleh -431 views

Zetizen Radar Cirebon – Dalam kegiatan kebahasaan, kita sering kali merasa bingung ingin memakai istilah mana yang cocok menggambarkan kegiatan yang sedang kita lakukan. Tak jarang, pemakaian istilah tersebut tertukar antara satu dengan yang lainnya, sehingga menimbulkan salah kaprah. Untuk itu, mari kenali perbedaan antara resensi, resume dan juga review. (Susan)

• Resensi

Kata resensi berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya ‘mengulas kembali’. Resensi mengulas tentang kelebihan, kekurangan serta informasi yang diperoleh dari buku, karya film, maupun drama.

Kegiatan resensi di dalamnya memuat pendapat maupun komentar. Bisa tentang satu atau beberapa dari karya ilmiah, artikel ataupun buku dengan tema yang sama.

Meskipun di dalamnya terkandung pendapat dan juga komentar, penulisan resensi harus sesuai dengan pengamatan dan penilaian secara objektif. Ketika penulis menyajikan pandangan dan pemikiran sang penulis pada resensi tersebut.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa kegiatan resensi merupakan kegiatan kebahasaan yang mengulas kelebihan, kekurangan serta informasi terkait dalam buku, film ataupun drama yang di dalamnya memuat komentar serta pendapat dari sang penulis baik seperti kritik maupun saran maupun apresiasi.

Baca juga : Cinderella Syndrome! Ketergantungan Wanita Ke Lelaki

• Resume

Soure by pixabay

Merupakan kegiatan meringkas untuk mendapatkan poin-poin utama yang penting tanpa menyertakan pandangan pribadi dari sang penulis resume. Sehingga, resume murni menyimpulkan ringkasan yang terkandung di dalamnya.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa resume ini merupakan kegiatan meringkas, ringkasannya memuat poin-poin utama dan tidak menyertakan pandangan ataupun opini pribadi di dalamnya.

• Review

Memiliki arti melihat kembali, sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan menilik kembali sesuatu sehingga dapat menghasilkan suatu tulisan yang berisi ulasan. Review juga merupakan deskripsi serta evaluasi terkait sesuatu hal, misalnya saja buku. Dengan begitu, review memuat evaluasi terhadap nilai-nilai dari buku tersebut.

Selain itu review buku merupakan pemahaman, pengolahan referensi, perbandingan yang berdasarkan referensi ilmiah dengan tambahan pendapat pribadi tentang buku yang penulis sedang review.

Sehingga tujuan dari review sendiri yakni untuk menggambarkan tulisan dalam bentuk ulasan dari sudut pandang penulis, dengan maksud memberi pemahaman yang mana berasal dari sudut pandang penulis juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.