Isi Otak Orang yang Ingin Melakukan Bunuh Diri

oleh -27 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/splash'>Splash photo created by Racool_studio - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON –  halo sobat zetizen, belakangan tengah ramai jagad maya yang tengah membicarakan soal tindakan bunuh diri. Tapi tahukah kamu kenapa ada orang yang terbesit dalam pikiran mereka untuk melakukan tindakan tersebut? (RF17)

Fakta Kasus Bunuh Diri

Setiap tahun tercatat kasus bunuh diri mencapai 800.000 orang yang meninggal dunia di belahan dunia disebabkan kasus bunuh diri. Tingginya kasus tersebut membuat banyak  Peristiwa ini juga dinobatkan sebagai penyebab kematian terbanyak kedua, dengan rentang usia 15-29 tahun. Melihat hal ini, para ahli terdorong untuk menelitinya.

Setelah dilakukan penelitian selama dua dekade, akhirnya ditemukan bahwa manusia memiliki dua jaringan otak yang dapat memicu dan meningkatkan risiko seseorang untuk bunuh diri.

Baca juga : Bagaimana Vaksin Bekerja

Dikutip dari Dailymail, dalam penelitian yang dilakukan dr. Anne dan timnya dari Universitas Cambridge, mereka mengamati perubahan struktur dan fungsi otak dari 12.000 orang peserta yang dilibatkan. Hasilnya, ditemukannya dua jaringan yang mendukung seseorang untuk melakukan bunuh diri.

Jaringan Pertama

Jaringan pertama, menghubungkan area otak frontal atau bagian depan. Bagian ini disebut dengan medial prefrontal cortex ventral dan lateral, yang berfungsi untuk mengatur emosi. Saat jaringan itu mengalami perubahan, maka akan menciptakan pikiran negatif yang berlebihan.

Jaringan Kedua

Untuk jaringan kedua, berfungsi untuk menghubungkan korteks prefrontal dorsal dan sistem girus frontal inferior. Bagian ini yang berperan aktif untuk mengambil keputusan serta mengendalikan perilaku. Jika jaringan ini mengalami perubahan, maka akan memengaruhi seseorang untuk melakukan bunuh diri.

“Dengan adanya penelitian ini, kami berharap dapat menemukan cara baru dan lebih baik lagi untuk mengurangi angka dan risiko seseorang untuk bvnvh diri,” kata salah satu profesor dari Yale School of Medicine AS, Profesor Hilary Blumberg

Peneliti lainnya, Dr Lianne Schmaal dari University of Melbourne di Australia juga berharap, penelitian ini bisa membantu tim medis untuk mengidentifikasi lebih awal dan ikut membantu mencegah terjadinya bunuh diri.

Tingginya kasus bunuh diri tercipta lebih banyak disebabkan oleh depresi. Oleh karena itu penting bagi kita untuk tidak sekedar menjaga kesehatan tubuh saja, tapi juga kesehatan mental.

One thought on “Isi Otak Orang yang Ingin Melakukan Bunuh Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.