Kesenian Berdampak Positif Pada Kesehatan Mental

oleh -130 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mungkin ada dari kita yang tahu kalau bernyanyi dan menari dapat meningkatkan kesehatan mental kita. Kali ini kita akan membicarakan tentang hubungan antara kesenian dan kesehatan mental. Kalau kalian adalah seorang seniman atau memiliki hobi dengan dunia seni, mungkin kamu termasuk orang dengan kesehatan mental yang baik kalau berdasarkan topik ini tentunya. (herdi)

Kesehatan mental di tentukan dari banyak hal dan bukan hanya dai kesenian saja. Berikut ini penjelasan seni bisa berdampak baik pada kesehatan mental.

Terlibat dalam Kesenian

Apakah Kamu mengenali perasaan senang yang bisa Kamu dapatkan saat mengikuti kegiatan budaya seperti musik, museum, kelompok tari dan teater?

Terlibat dengan kesenian dapat memiliki efek yang kuat dan tahan lama pada kesehatan. Ini dapat membantu melindungi dari berbagai kondisi kesehatan mental, membantu mengelola kesehatan mental yang buruk, dan mendukung pemulihan.

Ada banyak cara untuk terlibat dalam seni dan meningkatkan kesehatan mental Kamu:

Program kesenian dan kesehatan yang dipimpin oleh seniman dan musisi dapat memberikan manfaat kesehatan melalui program seni partisipatif dan keterlibatan seni dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita berbicara tentang seni, kita memasukkan seni visual dan pertunjukan, seperti kerajinan tradisional, patung, seni digital, teks, tari, film, sastra, musik, menyanyi, berkebun, dan seni kuliner.

Kesenian dapat memberikan kontribusi yang kuat untuk kesehatan mental kita

Terlibat dalam kesenian tampaknya semakin populer sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan Kamu. Berpartisipasi dalam kesenian dapat memungkinkan orang untuk menangani berbagai kondisi kesehatan mental dan tekanan psikologis.

Bagian terbaiknya adalah membantu orang meningkatkan kesehatan mental mereka melalui kreativitas. Membuat karya seni membantu banyak orang mengekspresikan diri, tanpa harus menggunakan kata-kata.

Seni dapat menciptakan rasa kebersamaan

Seni juga membantu di tingkat komunitas. Seiring bertambahnya usia, kita mungkin menghadapi isolasi melalui hilangnya koneksi sosial, seperti teman, keluarga, dan tempat kerja – serta keterbatasan lain seperti penurunan kesehatan fisik.

Dengan terlibat dalam program seni, orang-orang di kemudian hari dapat membangun kembali hubungan sosial mereka dan memperluas dukungan yang ada di komunitas mereka. Berhubungan dengan orang lain membantu mengurangi kesepian dan keterasingan.

Peran berharga seni dalam kesehatan mental sedang diakui

Semakin banyak orang sekarang menghargai bahwa seni dan budaya dapat memainkan peran yang berharga dalam membantu orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental.

Seperti yang telah kami catat: terlibat dalam seni, aktivitas sosial, dan interaksi dalam komunitas kami dapat membantu mengatasi tantangan besar seperti penuaan dan kesepian. Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan membuat kita merasa lebih terlibat dan tangguh. Selain manfaat ini, keterlibatan seni juga mengurangi kecemasan, depresi, dan stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.