Kreativitas Itu Murni Bakat atau Bisa Dilatih? Cari Tau Yuk!

oleh -61 views
Gambar: https://majalahpeluang.com/wp-content/uploads/2019/09/Mengenal-tahapan.jpg

ZETIZEN RADAR CIREBON – “Kalau nyuruh gambar atau desain-desain gitu jangan ke gue. Gue orangnya ngga kreatif soalnya. Coba minta tolong ke Bambang, gih.” (az)

Kamu masih suka berpikiran seperti ini? Berprasangka bahwa kreativitas merupakan hal sakral dan hanya dimiliki oleh sebagian orang saja? Di artikel kali ini, akan membuka pikiranmu dan membuktikan bahwa skill ini sangat bisa dilatih oleh semua orang. Simak sampai habis, ya!

Pertama-tama, apa, sih, kreativitas itu? Diambil dari kata ‘kreasi’, skill ini menggambarkan kemampuan orang untuk membuat sesuatu. Itu kenapa content creator favoritmu di media sosial bercitra kreatif di masyarakat, yaa, karena mereka setiap hari membuat konten.

Dari definisi ini, perlu kamu ketahui bahwa kreativitas itu nggak terbatas di menggambar dan mewarnai aja, ya. Segala bentuk aktivitas yang ‘membuat’ sesuatu hal yang baru dan unik bisa disebut sebagai karya dari kreativitas. Itu termasuk dalam menulis, memasak, melawak, menyulam, bahkan memecahkan masalah. 

Lalu, bagaimana cara melatih kreativitas? Nah ada dua resep rahasia (yang sekarang udah bukan rahasia lagi), yaitu:

Langkah 1: Berpikir secara divergen

Berpikir divergen berarti mengajak pikiranmu travelling saat ingin membuat sesuatu. Karena kreativitas berarti membuat hal baru, artinya kamu juga harus berani untuk mencoba hal yang baru. Tulis semua (literally semua) idemu di selembar kertas, mau itu ide bagus atau konyol, tulis aja. Dengan melatih otak untuk mencari ide secara dengan berpikir divergen, kamu sudah sukses melaksanakan langkah pertama dalam melatih kreativitas.

Langkah 2: Berpikir secara konvergen

Berlawanan dengan divergen, berpikir secara konvergen berarti mengubah mode pikiranmu menjadi mode ‘fokus berkreasi’. Sekarang saatnya kamu memilah, memodifikasi, atau menggabungkan ide yang sudah kamu kumpulkan menjadi satu kreasi yang sesuai dengan tujuan awalmu. Siapa tahu ide konyol yang tadi ditulis bisa jadi ide keren saat digabung dengan ide lainnya. Iya, ‘kan?

Yang terpenting dari proses kreatif ini adalah melatih kemampuanmu untuk mengganti mode berpikir antara divergen dan konvergen berulang kali. Sejatinya, kreativitas adalah proses berimajinasi dan merealisasikan itu menjadi suatu kreasi yang bisa dilihat dan dinikmati oleh publik. Selamat bersemangat untuk berkreasi, ya!

Source by Zenius

Baca juga: Beragam Kreativitas dari Perempuan Indonesia yang Berdampak Bagi Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.