Liburan Datang tapi Kamu Masih Sendirian? Ini Tipsnya

oleh -25 views
liburan
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Liburan bisa menjadi waktu yang menantang bagi banyak orang—dan mungkin sangat menantang bagi orang-orang yang sedang dalam pemulihan. Liburan tidak hanya membawa godaan dan stres, tetapi juga dapat menyebabkan perasaan kesepian. Dan jika kita jujur, kesepian itu sering kali dapat meluas melampaui musim liburan dan memasuki tahun baru. (herdi)

Kesepian dapat berdampak negatif pada upaya Anda untuk mempertahankan ketenangan Anda. Akibatnya, pendekatan liburan tahun baru mungkin merupakan waktu yang tepat untuk memutuskan menemukan cara untuk menghindari kesepian yang berlebihan. Berikut adalah beberapa ide untuk memerangi kesepian dan mendukung ketenangan jangka panjang.

1.      Temukan Grup yang Anda Rasakan Nyaman

Jika Anda dapat menemukan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda, kemungkinan besar Anda akan senang menghabiskan waktu bersama mereka. Anda dapat melakukannya dengan lambat pada awalnya dan lebih terlibat saat Anda mulai merasa lebih nyaman.

Tentu saja, grup 12-Langkah yang didedikasikan untuk saling mendukung melalui tantangan pemulihan mungkin sangat cocok untuk Anda. Tetapi jangan merasa Anda harus membatasi pengalaman sosial Anda pada komunitas pemulihan.

2.      Dapatkan Hewan Peliharaan – Atau Bahkan Tanaman

Ketika kita peduli dengan kehidupan lain, kita sering menemukan nilai lebih dalam hidup kita sendiri. Hewan peliharaan dapat menjadi teman setia dan dapat membantu mencegah perasaan kesepian. Membawa hewan ke dalam hidup Anda adalah tanggung jawab besar, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang signifikan jika Anda cenderung mengalami perasaan terisolasi.

Sebuah tanaman mungkin tidak tampak seperti pendamping yang setara, tetapi merawat tanaman hias atau taman dapat memberikan perasaan puas dan makna yang dapat berfungsi sebagai pertahanan terhadap kesepian.

3.      Jangkau dan Perbaiki Hubungan yang Rusak

Ada kemungkinan bahwa gangguan penggunaan zat Anda merusak beberapa hubungan Anda dengan teman dan keluarga. Mungkin Anda menghindari orang yang Anda sakiti karena merasa bersalah atau gugup karena mereka tidak akan memaafkan Anda.

Tetapi menebus kesalahan bisa menjadi bagian penting dari pemulihan. Tentu saja, mungkin tidak semua orang akan terbuka untuk melanjutkan hubungan dengan Anda, tetapi banyak orang yang Anda cintai akan bersemangat untuk mendukung Anda dan mengatasi masalah masa lalu.

4.      Melayani Orang Lain Bisa Menjadi Pelayanan Bagi Diri Sendiri

Menjadi sukarelawan bisa menjadi cara yang bagus untuk memerangi perasaan kesepian. Dari dapur makanan hingga tempat penampungan hewan hingga organisasi berbasis agama dan seni, ada banyak kebutuhan akan sukarelawan di hampir setiap komunitas.

Menjadi sukarelawan akan memperkenalkan Anda kepada orang lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda serta berbagai orang yang akan merasakan manfaat dari waktu dan kebaikan Anda.

5.      Ingatlah untuk Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Seringkali, perasaan kesepian mungkin muncul karena kita bahkan tidak bersikap baik pada diri sendiri. Luangkan waktu untuk merawat diri sendiri dengan diet sehat, kebiasaan tidur yang baik, olahraga teratur, dan mungkin beberapa latihan mindfulness atau yoga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.