LTMPT: UTBK-SBMPTN 2022, Ada Tambahan Subtes Baru

oleh -260 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – LTMPT telah resmi mengumumkan jadwal pelaksanaan serta ketentuan dari pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN). (az)

Rencananya, UTBK 2022 akan dilaksanakan pada bulan Mei 2022 mendatang. Masih sama seperti tahun sebelumnya, UTBK SBMPTN 2022 akan digelar dalam 2 gelombang dengan dua sesi, yaitu pagi dan siang. Selain itu, akan ada 74 pusat UTBK PTN yang tersebar di seluruh Indonesia yang akan menjadi tuan rumah UTBK SBMPTN 2022.

Jadwal UTBK-SBMPTN 2022

Sumber: Sosialisasi Daring di Laman YouTube LTMPT Official

Pendaftaran UTBK akan dimulai pada 23 Maret sampai 15 April 2022. Gelombang 1 akan dimulai pada 17 sampai 23 Mei 2022. Kemudian, Gelombang 2 pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022. Sementara itu, pengumuman hasil UTBK bisa kamu dapatkan pada tanggal 23 Juni 2021.

Materi UTBK 2022

Sumber: Sosialisasi Daring di Laman YouTube LTMPT Official
1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS akan mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Sehingga dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi. Tambahan tes inilah yang akan menjadi pembeda dari tahun-tahun sebelumya.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Juga adanya penekanan tes adalah Higher Order Thinking Skills (HOTS). TKA akan terbagi menjadi dua, yaitu TKA Saintek dan TKA Soshum.

Kelompok Ujian UTBK 2022

Sumber: Sosialisasi Daring di Laman YouTube LTMPT Official

Baca juga: Kuliah di IPB? Ini 10 Jurusan dengan Kuota SBMPTN Terbanyak!

Sains dan Teknologi (SAINTEK)

Materi ujian: TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi). Dengan alokasi waktu 195 menit.

Sosial dan Humaniora (SOSHUM)

Materi ujian: TPS, Bahasa Inggris, TKA Soshum (Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah). Dengan alokasi waktu 195 menit.

Saintek dan Soshum

Materi ujian: TPS, Bahasa Inggris, TKA Soshum, dan TKA Saintek. Dengan alokasi waktu 285 menit.

Perubahan Penting UTBK-SBMPTN 2022:

  1. Di tahun 2022 ini, bahasa Inggris menjadi subtes sendiri. Artinya, nanti akan ada tiga subtes, yaitu subtes TPS, Bahasa Inggris, dan TKA.
  2. Waktu pengerjaan bahasa Inggris diikutkan pada waktu pengerjaan TPS.
  3. Dalam sertifikat UTBK nanti, nilai bahasa Inggris tidak akan digabung dengan TPS, tetapi berdiri sendiri.
  4. Nilai UTBK bisa dipakai untuk mengikuti Seleksi Mandiri di PTN maupun PTS. Sudah ada sekitar 56 PTN yang memperhitungkan nilai UTBK dalam seleksi Mandiri, begitu pula dengan PTS.
  5. Untuk perguruan tinggi kedinasan dalam hal ini STAN, juga mensyaratkan penggunaan nilai UTBK dalam proses seleksi mahasiswa baru.
  6. Sistem pelaksanaan SBMPTN 2022 masih sama dengan SBMPTN sebelumnya yaitu memilih jurusan dulu baru nanti nilai UTBK keluar belakangan.
  7. Kamu bebas memilih lokasi pusat UTBK, tetapi tidak bisa memilih jadwal tes.
  8. Saat ujian nanti, siswa yang satu dengan yang lain, dan dari satu hari ke hari lainnya, soalnya akan berbeda-beda.

Udah nggak ada waktu untuk bersantai-santai lagi, gengs. Ayo, ingat lagi jurusan serta PTN impianmu dan persiapkan diri lebih keras lagi untuk hadapi UTBK-SBMPTN 2022! Jangan lupa untuk terus update informasi terbaru terkait pendaftaran perguruan tinggi tahun 2022 melalui laman resmi LTMPT di ltmpt.ac.id.

Tonton sosialisasi daring tentang UTBK 2022 di sini: https://youtu.be/bGHWW8Q_wiI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *