Mengapa Murid Di Sekolah Harus Pakai Seragam

oleh -85 views
Photo by <a href="https://unsplash.com/@robin_rednine?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">ROBIN WORRALL</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/uniform?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengapa sih Murid Di Sekolah Harus Pakai Seragam? Aturan tertinggi di sekolah adalah tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah disusun berdasarkan aturan yang lebih tinggi, seperti keputusan kepala dinas, kepala daerah, hingga peraturan menteri. (Robi)

Salah satu bunyi tata tertib sekolah adalah murid wajib memakai pakaian yang telah di tentukan. Biasanya di ikuti penjelasan: seragam OSIS (Senin-Selasa), identitas daerah/ batik khas (Rabu-Kamis), dan pramuka (Jumat-Sabtu). Lalu kenapa sih sih kita wajib memakai seragam? apa sajakah keuntungan jika kita memakai pakaian itu?. Berikut alasan mengapa murid harus mengenakan seragam ketika bersekolah :

Seragam Melambangkan Kedisiplinan

Karakter disiplin bisa dimulai dengan seragam. Sepatu, kaos kaki, celana/rok, ikat pinggang, baju, atribut, topi, dasi, hingga model potongan rambut. Anak-anak harus didisiplinkan sejak dini dari kebiasaan harian di sekolah. Bayangkan jika para siswa masuk ke sekolah menggunakan kaos oblong saja! tentu saja hal itu akan mengurangi etika kita karena tidak sopan.

Ilmu adalah sesuatu yang mulia, maka dari itu kita pun harus menuntut ilmu dengan Attitude yang baik pula. Dengan hal ini pula kita dapat mengidentifikasi para siswa yang ada di sekolah. Dengan menggunakan pakaian yang sama dengan murid lain maka para anggota sekolah dapat mengenali anak muridnya. Hal itu akan sulit dikenali jika setiap murid menggunakan pakaian semau mereka sendiri.

Nasionalisme

Seragam juga mampu membentuk karakter nasionalisme. Anak-anak harus memiliki kebanggaan terhadap bangsanya. Karena itulah, pakaian di sekolah harus mencerminkan keindonesiaan. Merah putih dan kearifan lokal. Berbahasa Indonesia yang benar dan baik.

Menghapus Kesenjangan


Seragam sekolah mampu menghapus kesenjangan/ perbedaan anak-anak. Ekonomi, sosial, agama, suku, adat dan lain-lain. Dengan berpakaian seperti ini, tidak akan terlihat perbedaannya. Dampaknya positif sekali, yakni anak-anak bisa belajar dan bermain tanpa risih dan malu.

Ilmu adalah sesuatu yang mulia maka ambilah ilmu itu dengan baik. Menggunakan seragam bukanlah lambang keterpaksaan melainkan sebuah penghargaan kita bagi setiap individu. kita dapat belajar menghormati bahkan dimulai dengan memakai pakaian yang sejenin. Karena, dari memakai pakaian yang sejenislah kita belajar bahwasannya ilmu itu dapat diraih tanpa melihat latar belakang dari setiap individu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.