Mengenal Dinosaurus Tyrannosaurus rex Alias T-Rex

oleh -149 views

Zetizen Radar Cirebon – Tyrannosaurus merupakan salah satu dinosaurus yang paling terkenal di kalangan masyarakat umum. Bukan tanpa sebab, dinosaurus ini rupanya adalah dinosaurus yang paling mendominasi. Selain itu, dinosaurus ini merupakan predator yang ganas dan juga berbahaya. Selain itu, apa sih yang membuat dinosaurus ini terkenal di kalangan masyarakat? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut! (Susan)

• Hidup di Benua Laramidia

Henry Fairfield Osborn yang merupakan kepala Museum Sejarah Alam Amerika, memberi nama spesies Tyrannosaurus rex dari genus Tyrannosauridae pada tahun 1905. Namanya berasal dari bahasa latin, ‘rex’ yang berarti raja dan juga bahasa Yunani, τυράννος (tyrannos, artinya ‘tiran’) dan σαύρος (sauros, berarti ‘kadal’). Sehingga nama dinosaurus itu dalam terjemahan berarti ‘raja kadal tiran‘.

Tyrannosaurus hidup di sebuah benua yang terkenal dengan nama Laramidia. Benua tersebut dulunya ialah sebuah benua yang ada pada zaman kapur akhir, sekitar 99,6 hingga 66 juta tahun yang lalu, yang kini telah berubah menjadi Amerika Utara bagian barat. Tyrannosaurus merupakan salah satu dinosaurus nonburung terakhir yang hidup sebelum terjadinya peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen.

• Dinosaurus Terkuat

Source by oketechno

Tyrannosaurus masih menjadi salah satu predator darat terbesar yang pernah tertemukan dan menurut perkiraan memiliki gigitan terkuat di antara semua hewan yang hidup di darat.

• Karnivora Terbesar Sepanjang Masa

Di lingkungannya, Tyrannosaurus rex merupakan dinosaurus karnivora terbesar, sehingga kemungkinan besar mereka menjadi predator puncak. Namun, para ahli berdebat mengenai apakah benar Tyrannosaurus rex merupakan predator atau pemakan bangkai. Sehingga kesimpulan akhirnya mereka sepakat bahwa Tyrannosaurus rex merupakan predator dan juga pemakan bangkai.

• Kemungkinan Memiliki Bulu

Meskipun tidak terdapat bukti langsung yang mendukung bahwa Tyrannosaurus memiliki bulu, namun para ahli menduga dan meyakini bahwa dinosaurus tersebut memiliki bulu paling tidak pada beberapa bagian tubuhnya.

Ada teori yang menyatakan bahwa Tyrannosaurus memiliki bulu bergantung terhadap ukuran tubuhnya. Pada saat ia masih kecil, bulu tersebut tumbuh dan menghangatkan tubuhnya. Sedangkan saat ia tumbuh dewasa bulu-bulu tubuhnya akan rontok dan hanya meninggalkan sisik pada kulitnya.

Namun di sisi lain, ketika spesimen dari Tyrannosauridae tertemukan seperti dinosaurus Yutyrannus huali yang memiliki bulu pada tubuhnya. Kemungkinan tingkat persebaran bulu di tubuh Tyrannosauridae berubah-ubah seiring dengan perubahan ukuran tubuh, menghangatnya iklim, atau faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi.

Baca juga : Mengenal Triceratops Sang Dinosaurus Bertanduk Tiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.