,

Mengenal Futabasaurus Sang Dinosaurus dari Jepang

oleh -146 views

Zetizen Radar Cirebon – Bagi kalian yang pernah menonton film anak-anak Doraemon: Nobita’s Dinosaur 2006, atau juga terkenal dengan judul Doraemon: The Movie 2006 dan judul lainnya yakni Doraemon and the Little Dinosaur yang rilis pada tahun 2006 silam, tentunya merasa familiar dengan dinosaurus yang satu ini. Ya! Dinosaurus bernama Pisuke yang menjadi salah satu karakter utama dalam film tersebut rupanya ada di dunia nyata, loh! Karakter dinosaurus imut yang bernama Pisuke dalam film tersebut adalah dinosaurus Futabasaurus. (Susan)

• Definisi Futabasaurus dari Plesiosaurus

Futabasaurus adalah dinosaurus dari genus Plesiosaurus pada zaman Kapur Akhir, merupakan keluarga Elasmosaurus, dan berasal dari ordo Plesiosauria yang hidup pada era Mesozoikum. Plesiosaurus sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni πλησίος (plesios) yang berarti ‘dekat dengan’  dan σαῦρος (sauros) yang berarti ‘kadal’.

• Ciri-ciri Futabasaurus

Dinosaurus ini merupakan jenis reptil yang hidup di laut dengan memiliki leher yang panjang. Menurut perkiraan, panjang tubuhnya mencapai 6,4 hingga 9,2 meter dengan bobot sekitar 3 sampai 4 ton. Futabasaurus termasuk ke dalam karnivora karena ia memakan ikan-ikan di laut.

• Sejarah Awal Mula Ditemukannya

Tadashi Suzuki seorang anak SMA yang kala itu menemukan fosil-fosil Futabasaurus pertama kali di Irimazawa sebagai bagian dari formasi Tamayama di grup Futaba dari prefektur Fukushima pada batu-batuan yang berasal dari zona Inoceramus amakusensis dari Santonian awal. Tadashi Suzuki menemukan temuan itu dengan posisi telentang dengan kerangka yang hampir utuh.

Mulanya Futabasaurus terkenal dengan nama Wellesisaurus sudzuki atau Futaba-ryu. Banyak dari spesimen tulang fosil tersebut menunjukkan adanya tanda-tanda penyerangan oleh hiu, dan kemungkinan besar kala itu Futabasaurus menjadi mangsa hiu atau mati kehabisan darah akibat serangan hiu.

• Tentang Pendeskripsian Futabasaurus

Sato, Hasegawa dan Manabe mendeskripsikan dan juga memublikasikan fosil tersebut pada tahun 2006. Mereka menamai genus dan spesies dari dinosaurus tersebut dengan nama Futabasaurus suzukii. Nama genus ‘Futaba’ mengambil dari tempat di mana fosil tersebut tertemukan. Sedangkan nama ‘suzukii’ mengambil nama Tadashi suzukii sebagai bentuk penghormatan.

Sebelumnya, nama ‘Futabasaurus’ sudah pernah tergunakan untuk genus dinosaurus theropoda. Namun, dinosaurus theropoda tersebut masih belum mendapatkan nama secara sah atau terkenal dengan sebutan nomen dubium.

Baca juga : Luka Psikologis yang Sangat fatal dan Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.