,

Mengenal Stegosaurus Sang Dinosaurus Berotak Kecil

oleh -95 views

Zetizen Radar Cirebon – Siapa nih yang suka penasaran dengan dinosaurus sang binatang raksasa dari zaman prasejarah? Tahukah kamu? Rupanya kata dinosaurus secara harfiah berarti kadal yang mengerikan, akan tetapi sebenarnya dinosaurus bukanlah spesies kadal, loh!. Sebaliknya, dinosaurus tergolong dalam kelompok reptil. Kali ini, kita akan mengenal lebih lanjut tentang Stegosaurus sang dinosaurus yang memiliki otak kecil. (Susan)

• Definisi & Ciri Stegosaurus

Dinosaurus ini merupakan genus dinosaurus herbivora besar dari zaman Awal Jurassic yang tergabung dalam keluarga Stegosauria. Stegosaurus berasal dari bahasa Yunani, stego yang berarti ‘piring/atap’ dan sauros yang berarti ‘kadal’.

Dari namanya tersebut, dinosaurus ini memiliki ciri fisik yakni memiliki kedua sisik yang saling silang di punggungnya dan dua pasang duri panjang di ekornya, duri panjang tersebut bernama thagomizer. Panjang duri ekor tersebut dapat mencapai lebih dari 1 meter, sehingga dapat melubangi pemangsa sampai sedalam 90 sentimeter. Dalam hal yang demikian, kekuatan ayunan ekor Stegosaurus juga sangat kuat.

Dinosaurus stegosauruss memiliki bobot tubuh kurang lebih sebesar 7 ton. Dengan panjang sekitar 9 meter, dan tinggi sekitar 4 meter. Lalu menurut perkiraan, kecepatan maksimum berlarinya yakni 7 km/jam.

Source by pinterest

• Otak Stegosaurus yang Kecil

Rupanya, ukuran otak Stegosaurus sangat kecil. Ada dugaan bahwa ia memiliki otak seukuran kacang kenari. Otak sekecil itu tampak sangat tidak menunjang dengan proporsi tubuhnya yang besar. Dengan volume otak yang ukurannya sekecil itu, dugaan bahwa Stegosaurus bukanlah dinosaurus yang cukup cerdas agaknya benar, sehingga Stegosaurus merupakan dinosaurus dengan volume otak terkecil.

• Memiliki Gigitan yang Lemah

Stegosaurus adalah hewan herbivora. Simpulan bahwa ia tidak memiliki gigitan yang kuat mendukung teori tersebut apabila kita menyadari bahwa Stegosaurus tidak memangsa hewan lainnya, sehingga ia tidak memakan daging-dagingan.

Untuk menguatkan teori tersebut, kita dapat melihat replika citra Stegosaurus yang memiliki leher pendek serta kepala yang jaraknya lebih rendah sehingga dekat dengan permukaan tanah. Dalam hal yang demikian, Stegosaurus hanya memakan tumbuh-tumbuhan yang berada dalam jangkauannya.

Baca juga : Mengenal Futabasaurus Sang Dinosaurus dari Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.