Mengenal Triceratops Sang Dinosaurus Bertanduk Tiga

oleh -171 views

Zetizen Radar Cirebon – Beberapa waktu lalu, sempat beredar video dinosaurus bernama Triceratops di internet yang konon katanya hidup kembali di Magetan, Jawa Timur. Rupanya setelah ada klarifikasi terkait, Triceratops tersebut adalah gimmick dari taman rekreasi Mojosemi Forest Park. Untuk mengenal lebih lanjut tentang keunikan dan fakta menarik mengenai Triceratops sang dinosaurus bertanduk tiga, mari simak penjelasan berikut! (Susan)

• Definisi & Ciri

Triceratops berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘wajah bertanduk tiga’. Ia merupakan dinosaurus bertanduk tiga yang memiliki badan besar dengan panjang tubuh kira-kira mencapai 9 meter, tinggi 3,8 meter, dan berat yakni 6,5 ton. Beberapa ahli menyatakan bahwa Triceratops tidak dapat berlari cepat, namun setidaknya kecepatan tersebut mencapai 30 km/jam.

• Sejarah Penemuan

Mulanya fosil berupa tanduk adalah fosil yang pertama kali tertemukan di Denver, Corcolado. Seorang ahli paleontologi berkebangsaan Amerika bernama Othniel Charles Marsh kala itu menemukan dua tanduk utama Triceratops yang ia yakini sebagai tanduk banteng pada tahun 1887.

Kemudian pada tahun 1889 seorang ahli paleontologi bernama John Bell Hatcher menemukan tengkorak Triceratops yang hampir lengkap di Wyoming.

Setelah itu, barulah Othniel Charles Marsh menyadari kekeliruannya yang menyatakan bahwa fosil yang ia temukan adalah fosil tanduk banteng sebagai tanduk Triceratops.

• Julukan Dinosaurus Ksatria

Source by National Geographic Indonesia

Julukan yang tersemat padanya bukan tanpa alasan. Sebagaimana kepalanya yang mirip dengan bentuk mahkota, yang seakan-akan serupa dengan tameng. Ada kemungkinan juga bahwa bentuk mahkota tersebut berfungsi sebagai tameng pertahanan diri untuk melindungi lehernya dari gigitan pemangsa. Lalu, kedua tanduk utamanya yang seakan-akan menjadi pedang untuk melindungi diri apabila terancam oleh pemangsa. Kedua tanduk tersebut sangat tajam, lho! Tak heran, julukan ini memang cocok untuknya!

• Sang Herbivora

Siapa sangka? Dari balik penampilannya yang gagah rupanya Triceratops merupakan hewan herbivora, lho! Bentuk mulutnya yang seperti paruh, sangat cocok untuk menarik dedaunan seperti palem, pakis, sikas maupun beragam tumbuhan lainnya yang berada dalam jangkauannya. Meskipun hewan herbivora, gigi dinosaurus ini sangatlah tajam bahkan di antara hewan herbivora lainnya.

Baca juga : 5 Cara Mengendalikan Emosi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.