Aspirasi! Mengetahui Betapa Pentingnya Di Kehidupan

oleh -60 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Aspirasi adalah mimpi, harapan, atau ambisi untuk mencapai tujuan hidup. Mereka dapat dianggap sebagai tujuan hidup menyeluruh yang dapat membantu memberikan rasa tujuan dan arah. (herdi)

Meskipun istilah ini sering di gunakan secara sinonim dengan tujuan, ada beberapa perbedaan penting. Tujuan cenderung di dukung oleh tindakan dan sering kali berpusat pada jangka pendek atau masa depan yang dekat. Aspiration cenderung jauh lebih fokus pada masa depan dan seringkali lebih umum.

Tanda Kamu Punya Aspirasi Tinggi

Aspiration yang Kamu miliki dapat bervariasi dalam hal apa dan seberapa tinggi mereka. Beberapa orang memiliki cita-cita sederhana yang terfokus pada tujuan yang relatif mudah dicapai. Orang lain memiliki cita-cita tinggi yang mungkin berfokus pada pencapaian hal-hal yang seringkali hanya diimpikan oleh banyak orang. Beberapa tanda bahwa Kamu memiliki cita-cita yang tinggi untuk hidup antara lain:

  • Melamun tentang tujuan yang tinggi
  • Selalu pikirkan langkah Kamu selanjutnya untuk mencapai impian Anda
  • Memikirkan gambaran besarnya
  • Menilai kelemahan Kamu untuk menjadi lebih kuat
  • Bekerja keras untuk menjadi yang terbaik yang Kamu bisa
  • Digambarkan sebagai ambisius atau bahkan terlalu berprestasi

Tingkatannya Kamu mungkin terkait dengan rasa harga diri Kamu. Memiliki tujuan yang tinggi dapat memotivasi dan dapat menunjukkan bahwa Kamu memiliki keyakinan yang kuat pada kemampuan Kamu untuk mencapai ambisi tersebut.

Jenis Aspirasi

Para peneliti menyarankan bahwa ada dua jenis utamanya, berikut adalah:

  • Intrinsik adalah aspirasi yang membantu memenuhi kebutuhan psikologis. Tujuan-tujuan ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan individu.
  • Ekstrinsik yang berfokus pada pencapaian hasil instrumental seperti menjadi kaya atau terkenal. Tujuan-tujuan ini terkadang dapat merusak kesejahteraan dan menghabiskan sumber daya yang terkadang lebih baik di arahkan pada aspirasi intrinsik.

keduanya sering berpusat pada beberapa tema umum. Beberapa jenis yang mungkin Kamu miliki di uraikan di bawah ini.

Aspirasi Ekstrinsik

Hal ini biasanya sering berfokus pada pencapaian hal-hal seperti terlihat menarik secara fisik, menjadi kaya, atau menjadi populer.

  • Aspirasi keuangan: yang terkait dengan uang juga umum, seringkali berpusat pada pencapaian tujuan keuangan tertentu (seperti kemandirian finansial) atau menghasilkan sejumlah uang tertentu.
  • Tujuan popularitas: Di junjung tinggi oleh orang lain adalah tujuan ekstrinsik yang umum. Ini mungkin berpusat pada menjadi terkenal dalam skala besar, tetapi juga dapat berfokus pada menjadi populer di kelompok sosial yang lebih sempit.

Aspirasi intrinsik

Aspirasi intrinsik sering berpusat pada hal-hal seperti membentuk hubungan yang bermakna dengan orang lain (afiliasi), berkontribusi pada komunitas Kamu dan dunia (generativity).

Bagaimana Mengembangkannya

Terkadang orang memiliki aspiration yang luas dan menyeluruh untuk hidup mereka. Yang lain memiliki visi yang sangat spesifik untuk apa yang mereka inginkan. Tetapi juga tidak jarang orang tidak begitu yakin punyanya mereka.

Beberapa hal yang dapat Kamu lakukan antara lain:

Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri

Apa saja hal-hal yang ingin Kamu capai atau alami suatu hari nanti? Apa saja kegiatan yang Kamu kejar yang menurut Kamu paling bersemangat atau bergairah? Memikirkan impian atau hasrat Kamu dapat memberi petunjuk tentang hal-hal yang mungkin Kamu cita-citakan.

Beri diri Kamu waktu

Penting untuk diingat bahwa meskipun hal ini dapat memotivasi dan menginspirasi, Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memikirkan semuanya sekarang. Sebaliknya, beri diri Kamu kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Jangan membandingkan diri Kamu dengan orang lain  

Aspiration tidak perlu megah atau tinggi untuk menjadi penting. Orang lain mungkin memilikinya dan mungkin sangat tinggi, tetapi itu tidak berarti bahwa tujuan tersebut tepat untuk Kamu atau hidup Anda.

Temukan tujuan Anda

Mencari tahu apa yang memberi makna dan tujuan hidup Kamu juga dapat membantu Kamu mengembangkannya.

Bicaralah dengan seorang professional

Terkadang kurangnya aspirasi mungkin terkait dengan kondisi kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi.

Dampak Aspirasi

Seseorang yang bercita-cita menjadi dokter, misalnya, akan membuat pilihan pendidikan sepanjang hidup mereka yang akan membantu mereka pada akhirnya mencapai tujuan itu—atau setidaknya meningkatkan peluang mereka untuk menemukan kesuksesan.

Hal ini juga dapat membantu memberikan tujuan dan makna hidup. Mereka dapat memberi Kamu sesuatu untuk diharapkan dan dituju. Bahkan jika hal ini terkadang lebih mirip dengan lamunan, mereka menawarkan pandangan sekilas tentang jenis kehidupan yang mungkin Kamu harapkan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.