Cara Menjaga Kesehatan Mental

oleh -55 views
Mental Health (kesehatan mental)
<a href='https://www.freepik.com/vectors/background'>Background vector created by rawpixel.com - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Menjaga kesehatan sangat penting bagi setiap mahluk hidup. Dengan menjaga kesehatan kita akan lebih terhindar dari berbagai penyakit. Namun, banyak orang yang luput dari yang namanya kesehatan mental, Kebanyakan orang lebih mementingkan kesehatan fisik daripada kesehatan mental. Padahal menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental kamu.

Jangan Memaksakan Diri

Kebanyakan orang menetapkan standar yang tinggi bagi kehidupan mereka. Tak jarang hal ini dapat menyebabkan tekanan yang begitu tinggi pada diri mereka sendiri. Menetapkan standar yang tinggi artinya kita dipaksa untuk bekerja lebih keras dan lebih cepat. Hal itu memang baik tapi jika diri kita tidak sanggup memenuhi standar yang kita tetapkan justru yang ada pikiran kita jadi burnout. Bukannya hasil baik yang kita dapat justru kita malah stres, oleh sebab itu jangan terlalu keras pada diri sendiri. Jika merasa cape take a break, gak ada salahnya untuk beristirahat dari pekerjaan yang melelahkan.

Baca Juga : I’m Burnout

Selalu Berpikir Positif

Pikiran kita ibaratnya sebuah magnet jika kita selalu berpikir positif hal itu akan menarik energi-energi positif dalam diri kita. Itulah pentingnya berpikir positif berpikiran negatif atau bahkan overthinking membuat kita sulit memulai hari dengan maksimal, jika start yang kita mulai sudah buruk itu akan mempengaruhi progres yang kita jalani pada hari itu juga.

Cari Lingkungan yang Mendukung Kita

Bukan hal asing lagi bagi kita bahwasannya lingkungan memepengaruhi kehidupan kita. Memiliki lingkungan yang positif dapat mempengaruhi kehidupan kita mulai dari cara berpikir dan cara bersikap kita. Hidup di lingkungan yang toxic sangat tidak baik bagi kita, bukannya berkembang kita justru akan mengalami kemunduran karena kita akan selalu dipandang remeh dan kurang dihargai.

Menerima Kekurangan Diri

Sebagai manusia biasa kita pasti memiliki kekurangan, hal ini yang bahkan sering membuat kita overthinking. Sebagai manusia wajar memiliki kekurangan, walaupun kita memiliki kekurangan bukan berarti kekurangan kita bernilai negatif selamanya. Kekurangan sebenarnya tergantung bagaimana cara kita melihatnya. Terkadang kekurangan yang dimiliki seseorang bisa menjadi kelebihan juga seperti kisah David & Goliath maka mulailah untuk menerima kekurangan diri dan ubah mindset kita agar kita lebih mudah dalam menerima dan mencintai diri kita sendiri.

One thought on “Cara Menjaga Kesehatan Mental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.