Menyadari Pentingnya Menjadi Orang yang Berintegritas

oleh -48 views
Integritas
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita pasti sering mendengar “jadilah orang yang mempunyai integritas” di manapun kita berada kita pasti di amanatkan menjadi seperti itu. tapi bagaimana sih menjadi orang yang berintegritas itu? Apakah jujur? Mempunyai sikap dan kelakuan yang baik? Atau menjadi orang yang menaati peraturan? Berikut adalah penjelasannya. (herdi)

Baca Juga: Parasocial Relationship! Ketahui Hubungan imajinatif

Apa Itu Orang yang Berintegritas?

Integritas dapat di definisikan sebagai menyelaraskan perilaku Anda dengan apa yang Anda ketahui sebagai yang terbaik. Seseorang yang berintegritas menunjukkan dedikasi yang berprinsip pada nilai dan keyakinan. Mereka selalu berusaha untuk mencerminkan standar etika dan melakukan hal yang benar terlepas dari situasinya.

Atribut Integritas

Keyakinan seseorang yang berintegritas menentukan apa yang akan mereka katakan dan lakukan pada waktu tertentu. Mereka dengan sengaja mengarahkan perilaku mereka sesuai dengan pemahaman mereka tentang apa yang benar dan salah. Keaslian menandai inti dari integritas. Karakter internal mereka tetap konsisten terlepas dari kondisi eksternal.

Integritas mencakup kualitas bersikap jujur, tetapi kejujuran tidak selalu menunjukkan integritas. Perbedaannya adalah komitmen batin untuk dapat dipercaya dan menyampaikan kebenaran tanpa penipuan. Orang yang terintegrasi hidup tanpa bermuka dua dan munafik.

Seseorang yang berintegritas tidak mengklaim dirinya sempurna. Sebaliknya, mereka cepat mengakui kesalahan dan kesalahan mereka sendiri. Ketulusan mereka datang dari motivasi murni untuk melakukan apa yang benar bahkan ketika itu mungkin tidak nyaman. Masa-masa krisis terutama menguji integritas seseorang. Apa yang diperlukan bagi Anda untuk mengkompromikan tekad Anda untuk melakukan apa yang Anda yakini benar?

Mengapa Orang Berintegritas itu Penting?

Bertindak dengan integritas memberi Anda ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa Anda melakukan hal yang benar terlepas dari hasilnya.

Menjalani kehidupan yang berintegritas adalah penting karena beberapa alasan. Perilaku Anda mencerminkan karakter Anda dan membangun reputasi Anda. Integritas menghambat kegagalan moral karena kompromi atau kecurangan. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun yang, jika di ungkapkan, akan membuat Anda malu atau cela. Di bawah pengawasan, hidup Anda akan dinyatakan tidak bersalah.

Dengan berkomitmen untuk hidup berdasarkan prinsip-prinsip yang sangat baik, Anda memberikan contoh bagi orang lain untuk diikuti. Anda juga memiliki dasar untuk berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain karena mereka mempercayai Anda. Hubungan Anda dapat berkembang berdasarkan kejujuran dan keterusterangan.

Contoh Orang  Berintegritas

Seperti apa integritas itu? Pertimbangkan contoh-contoh ini:

  • Jamet mengaku kepada Betty bahwa dia bersalah padanya dan berusaha untuk mendamaikan hubungan itu.
  • Meskipun keadaan berubah, Bill Gates menepati janjinya kepada putrinya.
  • Sebagai CEO, Seno mendorong timnya untuk menanyakan apa pun tentang bisnis tersebut.
  • Herdi menerima tanggung jawab atas keputusannya tanpa membuat alasan atau menyalahkan orang lain.
  • Wawan memberikan hari kerja yang adil untuk upah hari yang adil.

Apa Lawan dari Integritas?

Antonim yang baik untuk integritas adalah kemunafikan. Seseorang di katakan munafik ketika mereka berpura-pura menjadi sesuatu yang bukan dirinya, mempercayai sesuatu yang tidak mereka percayai, atau menghargai sesuatu yang tidak mereka hargai. Kata-kata dan tindakan mereka tidak sesuai dengan nilai dan keyakinan mereka yang sebenarnya. Mereka memainkan peran seseorang yang bukan mereka.

Apapun alasannya, kemunafikan itu menyakitkan karena berawal dari kebohongan. Jika Anda menyadari bahwa Anda munafik tentang sesuatu, berhentilah dan tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin Anda capai dalam situasi itu. Apakah keinginan Anda sejalan dengan apa yang Anda hargai dan yakini baik dan benar? Mungkin Anda perlu tumbuh dalam pemahaman dan komitmen Anda terhadap nilai-nilai yang baik dan keyakinan yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.