Misscomunication! 5 Sebab Terjadinya Kesalahpahaman

oleh -60 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagai manusia, kita pasti sering melakukan kesalahan, baik besar maupun kecil. Dan sebagian besar kesalahan yang kita buat atau orang lain buat berawal dari misscomunication. Kesalahpahaman dapat membuat orang menjadi kawan atau musuh, tergantung dari cara kita mengucapkannya atau bagaimana lawan bicara kita menangkapnya.(herdi)

1.      Implicit vs Explicit

Misscomunication sering berasal dari ketidakselarasan makna eksplisit dan implisit antara pengirim dan penerima. Beberapa orang tidak jelas, orang lain mengharapkan Anda untuk membaca yang tersirat.

Mengungkapkan pesan Anda secara eksplisit mencegah Misscomunication. Ini terutama disarankan dalam situasi berisiko tinggi atau ketika Anda tidak mengenal orang lain dengan baik. Jika Anda seorang perwakilan layanan yang berurusan dengan pelanggan baru, misalnya, Anda sebaiknya melakukan kesalahan di sisi eksplisit.

Anda tidak dapat melewatkan proses ini sepenuhnya, tetapi akan membantu untuk menyadari implikasinya.

2.      Tertulis vs lisan

Pembawa pesan, atau saluran, adalah penyebab umum Misscomunication lainnya. Saluran verbal seperti telepon atau pesan suara adalah pembawa yang lebih baik untuk makna implisit, sedangkan saluran tertulis seperti email atau obrolan langsung lebih baik untuk komunikasi eksplisit.

Ada banyak cara untuk mengucapkan kata “tidak”. Dalam komunikasi tertulis interpretasi sepenuhnya diserahkan kepada penerima, membuat Misscomunication menjadi lebih mudah.

3.      Keterampilan mendengarkan yang buruk

Memang, banyak Misscomunication hari ini dapat disalahkan pada ketidakmampuan penerima untuk fokus. Jika Anda ingin mempertajam keterampilan mendengarkan Anda, Treasure menawarkan beberapa latihan.

4.      Keterampilan berbicara yang buruk

Demikian pula, seringkali Misscomunication dapat disalahkan pada keterampilan berbicara yang buruk. Beberapa orang mengekspresikan diri mereka dengan sangat tidak jelas sehingga hampir mustahil untuk diikuti.

Salah satu tips komunikasi yang ampuh adalah berbicara dengan struktur – misalnya dengan menggunakan pendekatan apa – jadi apa – sekarang apa. Mulai berbicara tentang apa. Lalu tentang mengapa itu relevan. Lalu apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

5.      Model mental

Penyebab Misscomunication di atas adalah tentang salah tafsir yang sebenarnya atas makna eksplisit/implisit dari pesan tersebut. Tetapi ada jenis Misscomunication yang lebih besar – di mana orang-orang sebenarnya membicarakan hal yang sama, tetapi berbeda dalam arti dari hal-hal tersebut .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.