MRI, Hibrid Imaging Mengungguli Tes Konvensional

oleh -57 views
mri

M R I, dengan atau tanpa koregistrasi FDG PET, dapat meningkatkan stadium pasien dengan kanker paru-paru sel kecil

Kemudian Menurut sebuah artikel di ARRS’ American Journal of Roentgenology (AJR), – dengan atau tanpa koregistrasi FDG PET – dapat meningkatkan stadium pasien dengan kanker paru-paru sel kecil (SCLC). (Dheva)

“FDG PET/CT, M R I seluruh tubuh, dan FDG PET/M R I yang terdaftar mengungguli tes konvensional untuk berbagai titik akhir pementasan pada pasien dengan SCLC,” penulis pertama Yoshiharu Ohno dari Fakultas Kedokteran Universitas Kesehatan Fujita di Jepang menyimpulkan. M R I seluruh tubuh dan FDG PET/MRI mengungguli FDG PET/CT untuk kategori T dan dengan demikian tahap TNM, “menunjukkan kegunaan M R I untuk menilai tingkat invasi lokal di SCLC.”

Kemudian Studi prospektif Ohno dan rekan termasuk 98 pasien (64 pria, 34 wanita; usia rata-rata, 74 tahun) dengan SCLC yang menjalani tes staging konvensional (M R I otak; CT leher, dada, dan abdominopelvic; skintigrafi tulang), FDG PET/CT, dan FDG PET/MRI dalam waktu 2 minggu sebelum pengobatan. Setelah ahli teknologi M R I melakukan koregistrasi melalui perangkat lunak berpemilik (Canon Medical Systems), dua dokter kedokteran nuklir dan dua ahli radiologi dada secara independen meninjau pemeriksaan dalam sesi terpisah.

Kemudian Pada pasien dengan SCLC, akurasi untuk kategori T lebih tinggi (p<.05) untuk MRI seluruh tubuh (94,9%) dan FDG PET/MRI (94,9%) dibandingkan untuk FDG PET/CT (85,7%). Sementara itu, akurasi tahapan TNM lebih tinggi (p<.05) untuk MRI seluruh tubuh (88,8%) dan FDG PET/MRI (86,7%) dibandingkan untuk FDG PET/CT (77,6%) dan uji staging konvensional (72,4%).

“Pengamatan tambahan ini mungkin berhubungan dengan peran superior M R I dalam menilai tingkat invasi jaringan lunak lokal oleh tumor. Seperti yang telah di amati dalam pengaturan selain SCLC,” tambah penulis artikel AJR ini.

Source:American Roentgen Ray Society

Journal Reference:

  1. Yoshiharu Ohno, Takeshi Yoshikawa, Daisuke Takenaka, Hisanobu Koyama, Kota Aoyagi, Masao Yui, Yuka Oshima, Nayu Hamabuchi, Yumi Tanaka, Chika Shigemura, Seiichiro Oota, Masahiko Nomura, Kazuhiro Murayama, Yoshitaka Inui, Kaoru Kikukawa, Hiroshi Toyama. Small Cell Lung Cancer Staging: Prospective Comparison of Conventional Staging Tests, FDG PET/CT, Whole-Body MRI, and Coregistered FDG PET/MRIAmerican Journal of Roentgenology, 2021; DOI: 10.2214/AJR.21.26868

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *