Pentingnya Edukasi

oleh -102 views
<a href='https://www.freepik.com/vectors/school'>School vector created by pch.vector - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Edukasi adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan kita, tapi tahukah kalian apa itu edukasi? Secara umum, edukasi adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan baik secara formal maupun non formal. Pendidikan bertujuan untuk mendidik, memberikan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan potensi diri yang ada dalam diri setiap manusia. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan proses pembelajaran tersebut dengan lebih baik.

Edukasi memiliki beberapa tujuan, berikut ini tujuan edukasi adalah :

  1. Meningkatkan kecerdasan.
  2. Merubah kepribadian manusia suapaya memiliki akhlak yang terpuji.
  3. Menjadikan mampu untuk mengontrol diri.
  4. Meningkatkan keterampilan.
  5. Bertambahnya kreativitas pada hal yang dipelajari.
  6. Mendidik manusia menjadi lebih baik dalam bidang yang ditekuni.

Baca juga :
Kekuatan dari Sebuah Cerita

Jenis Edukasi

  • Formal

Proses pembelajaran ini umum diselenggarakan di sekolah dan ada peraturan yang berlaku serta harus ditaati ketika sedang mengikuti proses pembelajaran tersebut, lalu ada pihak terkait yang mengawasi proses pembelajaran di sekolah. Di Indonesia, pendidikan formal yang bisa ditempuh oleh setiap individu adalah mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA, hingga pendidikan tinggi.

  • Non Formal

Edukasi non formal biasanya banyak ditemukan di lingkungan tempat tinggal, contohnya terdapat tempat pendidikan baca tulis Al Quran di masjid, lalu kursus-kursus yang banyak terdapat di lingkungan seperti kursus mobil, kursus musik, dan kursus-kursus lain.

  • Informal

Sedangkan edukasi informal adalah jalur pendidikan yang terdapat di keluarga dan lingkungan sekitar rumah. Di dalam pendidikan informal terdapat proses pembelajaran secara mandiri dan dilakukan atas dasar kesadaran serta rasa tanggungjawab yang dimiliki. Hasil dari pendidikan informal telah diakui sama dengan pendidikan formal dan non formal serta digagas oleh pemerintah meliputi: anak harus dididik dari lahir hingga dewasa, pendidikan awal dimulai dari keluarga. Keluarga merupakan tahap pembelajaran yang sangat penting, karena banyak anak sekarang dikarenakan keluarganya berantakan sehingga sangat mempengaruhi pendidikan dalam sekolah.

Pendidikan adalah yang sangat penting di dunia. maka dari itu teruslah belajar karena karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan kita tentang segala aspek kehidupan kita.

Source : Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.